Cocomesh adalah sabut kelapa yang dipintal menjadi jaring sabut kelapa. Sabut kelapa memiliki sifat sebagai penyimpan air dalam waktu cukup lama. Kemampuannya yang dapat menahan air dalam waktu cukup lama atau menjaga kelembaban inilah yang membuat cocomesh sabut kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti tanah sebagai media tanam untuk bibit tanaman.

Kegunaan cocomesh adalah dapat membuat permukaan tanah yang ditambahi sabut kelapa dapat terjaga kelembabannya, ​bisa digunakan sebagai solusi penghijauan kembali area atau tempat-tempat yang gundul. Hal tersebut membuat banyak konsultan atau perusahaan kini banyak yang beralih ke bahan alam seperti cocomesh dalam melakukan penghijauan pada tempat bekas pertambangan.

Kegunaan lain dari cocomesh adalah mampu memperkuat pemasangan material yang dilakukan pada tebing, sebagai bahan yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya erosi, dapat membantu dalam memperkuat tanah dengan lebih baik, membantu untuk memperkuat pembangunan dari rel kereta api dan membantu dalam memperkuat kokohnya dari pembangunan tebing jalan maupun juga jembatan.

cocomesh
cocomesh
cocomesh
Bagaimana cara pembuatan cocomesh?

Pembuatan dari cocomesh yaitu siapkan alat dan bahan seperti sabut kelapa tua dan mesin pengurai serta mesin pemintalan. Setelah itu, sabut kelapa tua tadi bisa untuk digiling terlebih dahulu dan dikeringkan sampai kering agar bisa diolah dengan tahapan yang selanjutnya. Sabut diputar menjadi seperti tambang menggunakan mesin pemintalan kemudian ditali atau dirajut membentuk jaring dengan kuat.

Apa fungsi cocomesh?
  1. Mampu menjadi media untuk proses penghijauan yang dilakukan pada lahan bekas tambang.
  2. Cocok untuk digunakan pada lahan yang merupakan bekas pertambangan dan reklamasi pantai.
  3. Mampu memperkuat pemasangan material yang dilakukan pada tebing.
  4. Sebagai bahan yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya erosi.
  5. Membantu dalam memperkuat tanah dengan lebih baik.
  6. Membantu untuk memperkuat pembangunan dari rel kereta api.
  7. Membantu dalam memperkuat kokohnya dari pembangunan tebing jalan maupun juga jembatan.

 

Cocomesh terbuat dari apa?

Cocomesh terbuat dari sabut kelapa tua yang diproses dengan cara dihancurkan dengan mesin penghancur sabut, dikeringkan, dipintalm dan dirajut menjadi jaring sabut kelapa.

Tanami

Kami senang mendengar dari Anda, jadi hubungi kami dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)