Perlit adalah media tanam pengganti tanah yang dapat digunakan dalam budidaya tanaman secara hidroponik, maupun penyemaian serta pembibitan. Perlite terbuat dari 100% bahan alami lapisan mineral batuan silika gunung berapi (kaca vulkanik amorf) yang dipanaskan. Proses pemanasan menyebabkan mineral mengalami pengembangan dan perlite berbentuk seperti biji jagung berwarna putih susu.

Perlite memiliki kandungan 70–75% silikon dioksida: SiO2 , 12–15% aluminium oksida: Al2O, 3–4% natrium oksida: Na2O, 3–5% kalium oksida: K2O, 0.5-2% ferioksida: Fe2O3, 0.2–0.7% magnesium oksida: MgO, 0.5–1.5% kalsium oksida: CaO

Manfaat perlite bagi tanaman adalah dapat menjaga kelembaban tanah, membantu tanaman tetap subur, mensterilkan kondisi tanah dari bahan kimia seperti obat, dan melindungi akar agar tidak terjadi pengeringan. Dalam penggunaannya, perlite biasa dicampur dengan media tanam hidroponik lain seperti cocopeat. 

Apa kegunaan perlite?
  • Dapat menjaga kelembaban tanah
  • Membantu tanaman tetap subur
  • Mensterilkan kondisi tanah dari bahan kimia seperti obat
  • Melindungi akar agar tidak terjadi pengeringan
Perlite terbuat dari apa?

Perlite terbuat dari lapisan mineral batuan silika gunung berapi (kaca vulkanik amorf) yang dipanaskan. Proses pemanasan menyebabkan mineral mengalami pengembangan dan perlite berbentuk seperti biji jagung.

Apa manfaat perlite?

Perlite sangat bermanfaat dibidang pertanian, perlite dapat digunakan sebagai media tanam. Perlite memiliki drainase yang baik sehingga menghasilkan aerasi dalam tanah dan menghindari pengeringan tanah, pembusukan tanah. Perlite menyuburkan tanah dan membuat akar tanaman menjadi kuat. 

Tanami

Kami senang mendengar dari Anda, jadi hubungi kami dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda!

Hubungi Tanami
Halo Sobat Tanami, terima kasih telah mengunjungi situs web Tanami
Tekan tombol di bawah untuk mengirim pesan WhatsApp kepada Tim Tanami