Mulsa adalah bahan untuk media penutup tanaman terjaga agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, terjaga kestabilan suhu dan kelembapannya. Mulsa plastik adalah mulsa yang terbuat dari bahan plastik, tahan terhadap daya rusak air hujan, dapat melindungi permukaan tanah tanaman, sangat cocok digunakan untuk menanam di iklim tropis.

Mulsa plastik memiliki durabilitas yang tinggi, dapat tahan mencapai 1 tahun. Mulsa plastik termasuk kedalam mulsa anorganik sehingga bahan mulsa sukar untuk terurai, cocok digunakan untuk tanaman sayur dan buah-buahan seperti tomat, terong, cabai, mentimun, kentang, strawberry, dan melon.

Penggunaan mulsa plastik sangat bermanfaat bagi tanaman, karena mulsa dapat melindungi atau sebagai penutup bagi permukaan tanah tanaman, menjaga kelembaban dan struktur tanah, dapat meminimalisir adanya gulma (tanaman pengganggu), memelihara kandungan bahan organik tanah, mengurangi akibat terjadinya erosi, dan melindungi tanah dari daya rusak akibat air hujan.

Spesifikasi mulsa plastik dan ada 2 jenis mulsa plastik, premium quality (original) dan standard qualty (recycle):

 

Mulsa Ukuran Besar Mulsa Ukuran Kecil
Lebar 60 / 120 cm (Lebar asli: 120 cm, setelah dilipat jadi 60 cm) 60 / 120 cm (Lebar asli: 120 cm, setelah dilipat jadi 60 cm)
Tebal ± 35 mikron ± 30 mikron
Berat Brutto ± 16-17 kg-an ± 9 kg-an
Berat Brobbin 1.2 kg 0.06 kg
Berat Netto ± 15-16 kg-an ± 8,4 kg-an
Panjang per kg ± 24 meter ± 28 meter
Panjang per roll = ± 355-370 meter ± 235-250 meter
Warna Hitam Perak Hitam Perak
Bahan LLDPE Orisinil LLDPE Orisinil

Note

Bahan: LLDPE Orisinil Mengandung Anti-UV, jadi tahan di bawah sinar matahari langsung ± 2 tahun (dapat digunakan untuk 3x masa tanam)

Bahan : LLDPE Recycle Mengandung anti-UV bisa digunakan pemakaiannya 1-2 kali saja

Apa fungsi plastik mulsa?

Fungsi plastik mulsa adalah

1. Sebagai pelindung atau penutup bagi permukaan tanah tanaman

2. Menjaga kelembaban dan struktur tanah

3. Meminimalisir adanya gulma (tanaman pengganggu)

4. Memelihara kandungan bahan organik tanah

5. Mengurangi akibat terjadinya erosi

6. Melindungi tanah dari daya rusak akibat air hujan.

Plastik mulsa untuk tanaman apa saja?

Mulsa ini cocok digunakan pertanian di daerah iklim tropis khususnya tanaman sayuran dan buah-buahan. Contoh tanamannya adalah tomat, cabai, bawang, timun, melon, strawberry, dan kubis.

Apa yang dimaksud dengan sungkup dan mulsa plastik?

Pengertian sungkup adalah suatu pelindung yang dapat menghindari tanaman dari air hujan. Sedangkan mulsa adalah bahan untuk media penutup tanaman terjaga agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, terjaga kestabilan suhu dan kelembapannya. Mulsa plastik adalah mulsa yang terbuat dari bahan plastik, tahan air hujan dapat melindungi permukaan tanah tanaman, sangat cocok digunakan untuk menanam.

Tanami

Kami senang mendengar dari Anda, jadi hubungi kami dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)