harga pelet kayu

Masuk jenis energi terbarukan yang ramah lingkungan pelet kayu mempunyai peluang yang besar untuk dijadikan sebagai bisnis. Apalagi kebutuhan pelet kayu sebagai pengganti bahan bakar fosil. Untuk memulai usaha, tentu dibutuhkan berbagai informasi mulai dari penggunaan hingga harga pelet kayu itu sendiri.

Apa Itu Pelet Kayu?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pelet kayu merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu. Biasanya pelet kayu ini akan digunakan oleh negara-negara yang mempunyai empat musim sebagai pengganti batu bara.

Pelet kayu yang terbuat dari limbah industri penggergajian, limbah industri kayu dan lain sebagainya ini mempunyai hal yang perlu diperhatikan akan bahannya. Dimana bahan kayu harus mempunyai kadar ligan yang cukup tinggi sebagai alat perekat alaminya.

Keuntungan Pemakaian Pelet Kayu dalam Rumah Tangga

Tidak hanya di beberapa negara empat musim saja, tetapi pelet kayu juga dapat digunakan sebagai pelengkap pemenuhan kebutuhan atau keperluan rumah tangga. Berikut beberapa keuntungan pemakaian pelet kayu:

1. Hemat Biaya

Artinya harga pelet kayu per kg atau ton cenderung lebih murah dibandingkan penggunaan gas.

2. Menghemat Kayu

Bagi keperluan rumah tangga yang menggunakan kayu, pemakaian kayu pelet dapat membantu menghematnya.

3. Sedikit Menyehatkan

Dengan menggunakan pelet kayu, artinya Anda mampu mengurangi emisi CO2 sehingga dapat lebih menyehatkan.

4. Tergolong Aman

Karena tidak adanya resiko meledak dalam penggunaan pelet kayu, sehingga aman untuk digunakan.

5. Nyaman Saat Dipakai

Pelet kayu tergolong tidak mengeluarkan asap saat digunakan.

Harga Pelet Kayu 

Ada banyak informasi terkait harga pelet kayu tersebut, harganya tentu beranekaragam mulai dari yang dijual 1 kg hingga berton-ton an. Untuk harga per kilogramnya berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 4. 000 tergantung tempat dan kualitas dari pelet kayu yang Anda beli.

Selain dari harga yang tergolong murah, pelet kayu juga alternatif bahan bakar yang mudah dicari. Anda bisa mencarinya di berbagai daerah di Indonesia dengan datang secara langsung ataupun melakukan pembelian melalui online.

Ada banyak tempat online yang bisa Anda kunjungi seperti marketplace yang memberikan harga cukup beragam ataupun website resmi badan usaha produksi kayu pelet itu sendiri.

Jika Anda mencari tahu harga dari pabrik pelet kayu dari dalam negeri tentunya akan berubah-ubah sesuai dengan supply dan demandnya. Berikut beberapa gambaran harga umum pelet kayu dalam negeri dari pabriknya :

  • Jakarta berkisar Rp 1.700/kg.
  • Banten berkisar Rp 1.600/kg.
  • Jawa Barat berkisar Rp 1.600/kg.
  • Jawa Tengah berkisar Rp 1.600/kg.
  • Jawa Timur berkisar Rp 1.550/kg.

Anda bisa membeli dengan harga pabrik dalam pembelian jumlah banyak. Akan tetapi, jika Anda hanya membutuhkan dalam jumlah sedikit Anda bisa membelinya melalui toko-toko online di marketplace.

Peluang Kesempatan Usaha Pelet Kayu

Dengan harga wood pellet per ton ataupun kg yang cukup baik tersebut, pelet kayu akan mulai banyak diproduksi di Indonesia. Dengan begitu, kemungkinan besar akan terjadinya banjir pasokan di dalam negeri karena banyaknya orang yang ingin menggunakan pelet kayu tersebut.

Selain itu, inilah gambaran keuntungan dari pelet kayu :

  • 1 ton pelet kayu sama dengan 120 gallons Minyak tanah atau 454 liter, 16.000 ft3 gas alam, 4.775 kwh dan 170 gallons propana.
  • Sehingga, 2.1 kg pelet kayu sama dengan 1 liter minyak tanah atau 10 kwh.

Penutup

Itulah gambaran sederhana mengenai wood pellet yang mempunyai banyak manfaat untuk setiap kebutuhan. Anda bisa mencari harga terbaik dari pelet kayu melalui berbagai cara baik online maupun offline.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai pelet kayu atau wood pellet dan produk biomassa lainnya, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.