Perlite media tanam, masuk ke dalam jenis berkebun dengan metode hidroponik. Semakin praktis dan berkembangnya dunia pertanaman membuat para pakar menemukan lebih banyak cara agar penggemarnya dapat menikmati prosesnya.

Perlite sendiri merupakan batuan vulkanik seperti bola. Komponennya kecil, ringan dan berwarna putih, serta permukaannya memiliki pori-pori. Terciptanya bentuk ini karena telah dipanaskan hingga 1000 derajat celcius.

Banyak orang memilih perlite media tanam juga bukan sembarang memutuskan. Semua terbukti dari manfaatnya pada tanaman yang bisa meningkatkan subur juga perkembangan masing-masing bibitnya.

Sekilas Tentang Definisi Hidroponik dan Kelebihannya

Sebelum masuk ke dalam penjelasan perlite untuk media tanam, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu definisi dari hidroponik itu sendiri. Sebagai salah satu inovasi paling maju dalam dunia bercocok tanam.

Masyarakat Indonesia bahkan sudah menjadikan sistem hidroponik ini sebagai suatu hobi yang dapat mengurangi kepenatan rutinitas. Mencari ketenangan dengan menikmati segala proses perkembangan tanaman.

Selain itu, hidroponik tidak memerlukan lahan luas atau khusus untuk bisa memulai berkebun. Efisien juga efektif, adalah dua hal yang patut para penggemar tanaman hias acungi jempol.

Lalu, tepatnya apa arti dari hidroponik? Singkatnya adalah metode budidaya tanaman tanpa harus menggunakan tanah, tetapi dengan memanfaatkan media lain seperti air, sabut kelapa, pasir, serbuk kayu dan sebagainya.

Dan perlite media tanam, masuk ke dalam jajaran jenis lainnya untuk hidroponik. Menurut pakar, ada beberapa kelebihan yang dimiliki metode ini, yaitu pertama yang sudah dijelaskan tidak membutuhkan tanah.

Kedua, tidak serakah akan air, karena nutrisi cairannya didapat serta diedarkan dalam sistem komponen perlite. Ketiga, Lingkungan sekitar juga dapat terlihat lebih bersih dan jauh dari serpihan tanah.

Keempat, perlite media tanam sangat cocok diterapkan pada sebuah lahan kecil serta terbebas dari gangguan hama yang menyukai gembur tanah. Selanjutnya, kandungan gizinya bisa lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida.

Tambahan lainnya, metode hidroponik memberikan kesempatan pada tanaman untuk bisa tumbuh lebih cepat. Tentu saja dengan pengawasan serta pengelolaan yang tepat.

Contoh dari tanaman hidroponik, meliputi sayur-sayuran, kubis, bayam, selada, tomat, cabai timun, kacang dan lainnya. Selain itu ada bunga-bunga, orchis, mawar serta sebagainya. 

Tidak lupa buah seperti pisang dan tembikai. Bahkan untuk tanaman herba, parsley, mint.

Cara Memanfaatkan Perlite Media Tanam Hidroponik

Setelah memahami benar definisi dari metode hidroponik. Kni wawasan Anda akan semakin luas dengan mengetahui cara memanfaatkan perlite untuk media tanam pada tanaman di rumah atau kebun.

Pertama, Anda dapat menggunakan perlite media tanam sebagai solusi untuk menstabilkan suhu sekitar akar. Hal ini bisa sangat membantu bagi jenis tanaman yang tidak menyukai tanah lembab.

Sehingga bisa mengendalikan udara di dalamnya lebih baik. Anda hanya perlu mencampurkannya ke dalam pot atau lahan tersedia. Maka komponen ini akan mendorong kelebihan air agar tidak menggenang.

Rasio yang umumnya digunakan, adalah dengan patokan perbandingan 1;4 secara merata, perlite dan kompos. Kedua, batuan vulkanik ini juga dapat digunakan sebagai sarana penunjang proses stek.

Hal yang perlu diperhatikan, Anda harus memastikan telah menggunakan kompos yang cocok. Jenis yang dipakai memiliki tekstur lebih halus dan kandungan nutrisinya lebih rendah dari kompos multiguna.

Untuk rasio stek pada perlite media tanam, Anda dapat menggunakan rasio 50:50 antara kompos dan batuan vulkanik tersebut. Biarkan campurannya mengering selama beberapa jam.

Setelah itu, lakukan proses stek secara bertahap dan teliti. Selain mencampurkannya dengan kompos, Anda juga bisa menggunakannya tanpa bahan itu. Langkah pertamanya,  sediakan perlite di dalam pot atau plastik.

Lalu, Anda siram dengan air dan siapkan tanaman yang akan distek. Potong batang tanaman tepat dibawah sambungan dan buang atau pilih beberapa daun, taruhlah di dalam pot.

Demi menata perkebunan Anda menjadi sebuah ladang atau area yang terlihat menawan, diperlukan beberapa strategi. Perlite media tanam, sebagai alternatif tanpa menggunakan tanah yang baik dan dapat meningkatkan kesan estetik.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai perlite, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk mendapatkan perlite berkualitas dan harga terjangkau.