npk mutiara 16 16 16

Dunia pertanian sangat mengandalkan pupuk NPK Mutiara 16 16 16 untuk meningkatkan nutrisi tanah. NPK mutiara merupakan pupuk anorganik yang sudah sejak lama dipercaya petani Indonesia dalam meningkatkan hasil panennya.

Namun, beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa NPK mutiara dipalsukan. Kami menghimbau Anda untuk tidak panik. Kami akan memberikan perbedaan serta ciri-ciri dari pupuk asli dan palsu sehingga tidak tertipu.

Ciri – Ciri Pupuk NPK Mutiara 16 16 16 Asli

Belakangan, banyak aduan pelanggan yang menyatakan bahwa adanya pemalsuan pupuk. Hal tersebut jauh lebih merugikan karena pengaplikasian ke tanaman dan bisa menyebabkan kematian.

Tingginya minat serta kepercayaan petani terhadap NPK tentu membuat orang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan kepopuleran tersebut. Agar terhindar dari penipuan tersebut, Anda harus mengetahui ciri-ciri produk aslinya.

Hal yang paling mudah dilihat adalah bagian kemasan depan, di mana pada produk asli menggunakan logo burung. Pada produk palsu biasanya hanya menggunakan logo NPK bagian depan kemasannya, tanpa gambar burung.

Pada kemasan belakang, logo burung tetap ada, terdapat juga informasi mengenai kandungan NPK mutiara 16 16 16. Produk asli pasti memiliki nomor pendaftaran kementan, tanggal produksi, masa edar, lainnya.

Pada bagian kanan dan kirinya, terdapat angka 16-16-16, produk palsu biasanya tidak mencantumkan tulisan tersebut. Selain itu, warna kemasannya juga putih bersih, terlihat seperti kemasan baru.

Kemasan palsu, biasanya menggunakan plastik yang tidak bersih atau terlihat kotor. Bahkan, beberapa di antaranya menggunakan plastik kemasan biasa yang tembus pandang tanpa adanya informasi mengenai produk, logo burung, NPK.

Agar meyakinkan apakah pupuk yang Anda miliki asli atau tidak, gunakan trik lain. NPK dilarutkan dengan satu sendok garam, jika warnanya tidak luntur maka bisa dipastikan jika pupuknya palsu.

Itu menandakan bahwa pupuknya diberi pewarna tambahan sehingga tidak bisa luntur. Padahal jika produk asli NPK mutiara bisa luntur dan membuat warna garamnya berubah menjadi biru.

Jika masih ragu dengan trik tersebut, Anda bisa mencicipi satu butir dari NPK-nya. Jika yang Anda miliki adalah produk asli, tentu rasanya akan sedikit asin.

Dampak Menggunakan NPK Mutiara 16 16 16 Palsu

Mungkin orang-orang yang berbuat nakal tersebut tidak memikirkan dampak bagi para petani. Namun, kepala dinas pertanian wilayah Babel menjelaskan bahwa dampaknya tidak hanya sebatas petani dan tanaman, tapi juga tanah.

Ketika Anda menggunakan produk palsu, pertumbuhan tanaman akan terhambat, bahkan mati. Jika berhasil tumbuh, hasil panen dari tanaman tersebut sangat rendah dan di bawah rata-rata.

Penggunakan NPK Mutiara 16 16 16 palsu menyebabkan tanah menjadi keras dan membuat unsur hara sulit terurai. Beberapa kasus penggunaannya juga menyebabkan tanah menjadi rusak, bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Hal tersebut jelas merugikan, terutama bagi petani karena sulit mencari nafkah. Selain itu, warga yang tinggal di sekitar area penanaman penggunaan produk palsu NPK juga merugi karena tanahnya tidak subur.

Hal ini disebabkan pupuk-pupuk palsu menggunakan bahan pengganti yang sifatnya jauh lebih keras dibandingkan aslinya. Seperti misalnya penggunaan NaCl untuk menggantikan beberapa kandungan yang seharusnya ada pada NPK mutiara 16 16 16.

Penggunaan NaCl sebagai pupuk jelas merusak struktur tanah karena menimbulkan reaksi disperse yang membuatnya menjadi kompleks. Kondisi tersebut terjadi pada waktu-waktu tertentu, seperti tanah kering yang menyebabkan sulit ditembus perakaran.

Produk pertanian perlu dicermati untuk menjamin kesehatan petani, konsumen, tanaman, dan juga lingkungan. Pastikan membeli NPK mutiara 16 16 16 di distributor yang terpercaya serta perhatikan dan cek kemasan produknya.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai NPK Mutiara dan berbagai produk urban farming lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami, Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.