Jual Coco Fiber Murah

Jual coco fiber murah – Indonesia merupakan negara tropis dengan perkebunan kelapa yang paling luas. Bahkan, perkebunan kelapa di Indonesia adalah yang terbesar nomor 2 di seluruh dunia setelah India. Dengan luas 2,3 juta hektar, perkebunan kelapa di Indonesia menjadi lahan yang potensial dan bisa dijadikan nilai ekonomis. Pasalnya, mulai dari buah hingga ke akar, tanaman kelapa sebetulnya bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi produk industri yang bervariatif. Itulah mengapa, pohon kelapa sering disebut sebagai pohon kehidupan.

Salah satu komponen pada tanaman kelapa yang banyak sekali dimanfaatkan adalah serabut atau sabut kelapa. Di Indonesia, komponen ajaib yang satu ini masih sering dianggap limbah dan hanya dimanfaatkan daging buah serta airnya saja. Padahal, di luar negeri serabut kelapa sudah dijadikan komoditi, khususnya di negara Korea Selatan, China, dan Jepang. Produk turunan dari sabut kelapa yang paling dikenal adalah cocopeat dan coco fiber. Jika cocopeat biasa dijadikan media tanam pengganti tanah dalam bidang hortikultura, coco fiber dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Produk hasil olahan coco fiber, seperti penutup media tanam, keset, tali, matras, kasur, hingga jok mobil.

Dari serabut kelapa utuh hingga menjadi coco fiber, prosesnya lebih mudah dibandingkan cocopeat. Sebab, coco fiber dibuat hanya dengan memisahkan antara serabut kelapa dengan kulitnya. Bakhan, coco fiber bisa dibuat sendiri dalam produksi rumahan. Seperti apa cara membuat coco fiber?

Cara Membuat Coco Fiber

Ada beberapa persyaratan sebelum memulai membuat coco fiber terkait dengan bahan-bahan yang digunakan. Pertama, bahan yang digunakan harus basah. Kemudian, bahan harus berasal dari sabut kelapa segar dengan ciri-ciri kulit masih nampak hijau. Selain itu, kelapa yang dipilih belum keropos, tidak menggunakan bahan degan, dan sabut kelapa diambil dari kelapa untuk kopra. Setelah siap, coco fiber bisa langsung dibuat dengan cara sebagai berikut:

  1. Pisahkan sabut dengan kulit kelapa.
  2. Basahkan sabut, karena sabut perlu diproses dalam kondisi basah.
  3. Masukkan sabut kelapa ke dalam mesin dekomposisi hingga coco fiber dan cocopeat terpisah.
  4. Keringkan coco fiber selama 30 menit dengan cara diangin-anginkan. Ingat, selalu lakukan pembalikkan agar sabut kering merata.
  5. Press coco fiber dalam bentul bald an simpan dalam kondisi kering.
  6. Siap jual coco fiber

Manfaat dan Kelebihan Coco Fiber

Saat ini, coco fiber mulai banyak dimanfaatkan sebagai penutup media tanam. Penggunaannya sebagai penutup media taman juga membuat tampilan tanaman jadi lebih rapi dan bersih. Selain itu, menggunakan coco fiber sebagai penutup media tanam jadi lebih mudah dalam menyiram tanaman, tanpa khawatir terciprat tanah.

Coco fiber juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai door-mat atau keset pintu, khususnya di gedung perkantoran atau ruko. Bahkan, ada juga yang memanfaatkan coco fiber sebagai penghias mahar atau kotak cincin. Inovasi baru ini sedang booming di Indonesia. Faktanya, menjadikan coco fiber sebagai aksesoris tambahan penghias mahar membuat nilai hias mahar jadi lebih tinggi.

Masih banyak manfaat lainnya yang bisa diambil dari penggunaan coco fiber. Hal ini tak lain karena keunggulan yang dimiliki coco fiber. Kandungan kalium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan mineral lainnya, membuat pertumbuhan tanaman semakin baik. Coco fiber juga memiliki daya serap tinggi terhadap air dan udara. Selain itu, lebih aman dan minim polusi.

Jika anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan coco peatcoco fiber dan produk turunan kelapa lainnya, silahkan klik link Whatsapp berikut untuk langsung terkoneksi dengan kami: (Fajar Stevano / Maria Arumingtyas) atau email: info@indonesiacocopeat.com