cocomesh sabut kelapa

Belum banyak orang yang mengenal cocomesh sabut kelapa, padahal hal ini merupakan olahan dari sabut kelapa yang multifungsi. Cocomesh ini merupakan jaringan dari sabut kelapa yang berasal dari 100% bahan alami dan juga ekologis. Cocomesh ini memiliki nama lain yakni coir geotextile yang sering digunakan sebagai media penghijauan dan menstabilkan tepi atau lereng sungai. 

Kegunaan Cocomesh Sabut Kelapa yang Perlu Anda Tahu 

Sifat dari cocomesh ini biodegradable yakni cat yang mudah rusak atau membusuk seperti tanaman. Selain itu juga memiliki sifat kuat dan dapat membantu untuk mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang cocomesh. Nantinya bahan ini dapat diletakkan di tanah bekas lahan tambang atau lainnya. 

Penggunaan cocomesh ini lebih ekonomis serta efisien dibandingkan dengan menggunakan permukaan batu. Bahan ini sering digunakan untuk memperkuat struktur yang ada di lereng. Material ini juga sudah terbukti efektif untuk mencegah erosi tanah atau tanah longsor. 

Selain itu juga bisa untuk mencegah perpindahan tanah dan mencegah erosi nutrisi yang bisa menyebabkan kegagalan pertumbuhan tanaman. Hal ini karena kemampuan cocomesh yang tinggi untuk menyerap udara dan juga dapat menyerap air serta humus. 

Dalam waktu kurang lebih 3 tahun, buah kelapa bisa terdegradasi oleh tanah dan juga tumbuhan yang hidup di dalamnya. Hal ini karena bahannya langsung berasal dari tumbuhan.

cocomesh sabut kelapa

Fungsi serta Kegunaan Cocomesh 

Cocomesh ini merupakan jaring sabut kelapa yang dapat membantu memulihkan pantai, tambang, dan juga hutan. Jaring ini memiliki fungsi sebagai media tanam dan memiliki banyak manfaat. 

Seperti memperkuat tebing, restorasi tambang atau pantai tua, mencegah erosi, memperkuat rel sepanjang rel kereta api, memperkuat tanah, dan juga memperkuat tebing atau jembatan jalan raya. Karena sifatnya biodegradable yang kuat, cocomesh ini dapat membantu pertumbuhan tanaman baru di bekas lahan tambang. 

Tidak hanya itu, cocomesh ini sudah terbukti dapat menghutankan kembali bekas area penebangan atau hutan gundul. Cocomesh ini bisa juga digunakan untuk lapisan awal sebagai penopang jalan di depan aspal. Hal ini dilakukan agar aspal atau jalan tidak mudah pecah dan retak.

Keunggulan Cocomesh Sabut Kelapa 

Cocomesh ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan geotextile dari bahan sintetis. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimilikinya: 

  1. Bahan ini bersifat fleksibel. 
  2. Karena dari sabut kelapa bahannya pasti sudah biodegradable, kuat, serta tahan lama. 
  3. Cocomesh ini terbuat dari 100% bahan alami, jadi sudah pasti ramah lingkungan dan tidak akan menimbulkan efek samping. 
  4. Cocomesh ini dapat menahan air dan udara. 
  5. Pencegahan terhadap erosi sabut kelapa. 
  6. Bahan cocomesh ini serat yang diproduksi tanpa bahan kimia sehingga sangat aman untuk kesehatan. 

Jaring sabut kelapa ini menjadi cara sempurna untuk melindungi lereng dan erosi. Dari segi harga, cocomesh ini murah dan juga berkualitas. Bahkan material ini memiliki daya tahan yang hampir sama dengan jaring sintetis hingga kurang lebih 5 tahun. 

Tidak hanya itu, cocomesh ini juga bisa digunakan sebagai hiasan taman, pembangunan jalan, pemupukan tanah tambak hias, hingga stabilisasi dengan penguapan di lereng. 

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa 

Proses pembuatan ini membutuhkan sabut kelapa tua, mesin pengurai sabut kelapa, dan mesin pemintalan sabut kelapa. Berikut ini proses pembuatannya: 

  1. Pertama-tama siapkan sabut kelapa yang sudah tua. 
  2. Kemudian giling kulit kelapa tersebut menjadi sabtu kelapa dengan mesin dekomposisi sabut. 
  3. Selanjutnya keringkan sabut kelapa tersebut hingga kering. 
  4. Putar-putar sabut yang sudah kering menggunakan mesin pemintalan sabut. 
  5. Langkah selanjutnya merajut tali menjadi jaring atau cocomesh. 
  6. Setelah semua proses dilewati dengan benar jaring sabut kelapa siap untuk dipakai. 

Itulah fungsi dan kegunaan sari cocomesh sabut kelapa sekaligus dengan cara membuatnya. Untuk membuatnya juga cukup mudah. Semoga membantu. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cocomesh dan produk turunan kelapa lainnya, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Hubungi Tanami
Halo Sobat Tanami, terima kasih telah mengunjungi situs web Tanami
Tekan tombol di bawah untuk mengirim pesan WhatsApp kepada Tim Tanami