cocomesh adalah

Cocomesh adalah jaring sabut kelapa yang bagus guna membantu proses reklamasi tambang hutan, bahkan pantai. Sabut kelapa ini mempunyai sifat bahan sabut yang mampu menyimpan air dalam waktu lama. Dimana akan menyebabkan permukaan tanah ditumbuhi bahan tersebut mampu menjaga kelembaban.

Hal tersebut mampu untuk mempengaruhi struktur tanah. Alhasil, tanah mudah  ditanami dengan biji atau benih. Bukan hanya itu saja, cocomesh juga sebagai pengganti tanah pada saat menanam benih atau bibit tanaman. Sifatnya yang biodegradable serta kuat, membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman yang baru pada lahan cocomesh ditempatkan pada lahan bekas tambang.

Agar Anda tahu lebih informasi dan mengenal apa itu cocomesh, langsung saja baca artikel kali ini!

cocomesh adalah

Cocomesh Adalah Jaring Sabut Kelapa yang Gunanya Membantu Proses Reklamasi

Cocomesh adalah jaring sabut kelapa yang bermanfaat untuk reklamasi bekas lahan dan tambang yang kelembabannya telah hilang. Produk olahan dari berbagai pohon kelapa sekarang ini memang terus berkembang, salah satunya produk pilihan dari limbah sabut kelapa.

Ya, sabut kelapa ini dijadikan sebagai jaring sabut kelapa atau disebut cocomesh. Cocomesh sendiri mempunyai bentuk seperti jaring, dimana kegunaan sangat banyak, selain berfungsi untuk memperbaiki area tanah bekas tambang yang telah hilang kelembabannya.

Ternyata cocomesh ini juga sangat berguna untuk mencegah erosi dan penguatan tanah di lereng bukit. Tenang saja, sebab jaring kelapa ini tidak menimbulkan residu berbahaya serta sangat ramah terhadap lingkungan.

Ya, sudah dibuktikan bahwa pemanfaatan cocomesh ini mampu menghijaukan area bekas penambangan atau hutan gundul. Keunggulan bahan sabut kelapa satu ini memang tahan lama, kuat.

Sehingga bahan tersebut bisa tumbuh selama pertumbuhan vegetasi baru. Penggunaan bahan sabut kelapa ini memang cocok sekali untuk lahan landai atau berbatu, jikadilihat dari elastisitas bahan itu. Contoh yang sudah diterapkan antara lain area bekas tambang Freeport.

Fungsi dari Cocomesh

Untuk fungsi atau kegunaan dari sabut kelapa cocomesh ini ternyata banyak sekali, lho. Dimana setiap fungsinya akan mempermudah manusia dalam mengembalikan suatu hal yang lebih bagus.

Ya, memang sekarang ini cocomesh sudah banyak orang yang menggunakannya. Hal ini karena sabut kelapa ini sangat kuat dan tahan lama untuk Anda gunakan.

Berikut beberapa fungsi dari cocomesh:

  • Media penghijauan di lahan bekas tambang.
  • Memperkuat material di atas tebing.
  • Bahan mencegah erosi.
  • Memperkuat tanah.
  • Membantu untuk memperkuat rel kereta api.
  • Memperkuat tebing jembatan bahkan jalan.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Setelah Anda mengetahui fungsi dan pengertian dari cocomesh batu kelapa ini, giliran Anda mengetahui proses pembuatan sabut kelapa kuat dan tahan lama tersebut.

Maka tidak heran jika sabut kelapa ini sangat lah kuat dan mempunyai banyak fungsi, sebab proses pembuatannya pun sangatlah detail. Dimana hal ini akan membuat cocomesh lebih unggul, sebanding dengan kegunaanya.

Untuk bahan pembuatan hanya membutuhkan sabut kelapa tua. Sementara alat yang diperlukan yakni mesin pengurai sabut kelapa dan mesin pemintalan serat sabut kelapa Untuk prosesnya pun bisa Anda baca di bawah ini.

  1. Siapakan sabut kelapa sudah tua.
  2. Lalu giling kulit kelapa menjadi buat dengan mesin dekomposisi sabut.
  3. Kemudian keringkan buat kelapa telah Anda giling hingga kering.
  4. Setelah itu Anda tinggal putar sabut menjadi tambang menggunakan mesin pemintalan sabut.
  5. Rajut tali menjadi jaring.
  6. Selanjutnya jaring sabut kelapa.
  7. Selesai sabut kelapa siap Anda gunakan.

Kini Anda sudah tahu bukan mengenai pengertian cocomesh, dimana cocomesh adalah sabut kelapa yang mempunyai banyak fungsi, sudah kami jelaskan dalam artikel di atas. Kini giliran Anda menggunakannya sesuai kebutuhan yang Anda perlukan.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cocomesh dan produk turunan kelapa lainnya, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Hubungi Tanami
Halo Sobat Tanami, terima kasih telah mengunjungi situs web Tanami
Tekan tombol di bawah untuk mengirim pesan WhatsApp kepada Tim Tanami