coco fiber beli dimana

Salah satu media yang bisa Anda manfaatkan untuk tanaman adalah coco fiber. Akan tetapi, masih banyak orang yang bingung mencari informasi coco fiber beli dimana. 

Penggunaan media ini sendiri memang sudah cukup umum di kalangan para pecinta tanaman. Nah, jika Anda juga tertarik untuk menggunakannya, inilah informasi yang bisa Anda simak. 

Apa Itu Coco Fiber?

Seperti yang Anda ketahui, sabut kelapa bisa Anda manfaatkan menjadi banyak hal, sehingga tidak langsung menjadi limbah. Bahkan, sabut kelapa juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi saat Anda sudah mengolahnya. 

Nah, salah satu hasil olahan dari sabut kelapa adalah coco fiber, coir yarn, rugs, atau coir mats. Jadi, coco fiber adalah serat alami yang berasal dari proses pengolahan atau ekstraksi sabut kelapa. 

Dari strukturnya, serat sabut kelapa ini berongga dan sifatnya sempit. Saat belum terlalu matang, maka warnanya akan pucat, tetapi akan berubah menguning setelah matang karena berubah menjadi lapisan lignin. 

Bobot coco fiber sendiri terbilang ringan karena adanya rongga tersebut. Sabut yang bisa menjadi coco fiber juga tidak sembarangan. Sabut kelapa tersebut harus segar dan tidak memiliki struktur yang keropos. 

Setelah itu, sabut akan masuk ke dalam proses dekomposisi serta pengolahan sampai bentuknya menyerupai rambut panjang. Inilah yang kemudian menjadi coco fiber yang banyak digunakan untuk tanaman. 

coco fiber beli dimana

5 Manfaat Coco Fiber 

Coco fiber memiliki banyak manfaat yang sangat beragam. Inilah beberapa manfaat tersebut:

1. Media Tanam 

Coco fiber bisa menjadi tambahan media tanam yang bagus jika Anda campurkan dengan tanah. Selain itu, media ini juga lebih aman daripada karang dan bisa memberikan tampilan yang lebih natural serta bersih pada tanaman. 

Keunggulan lain dari coco fiber adalah daya serapnya yang baik terhadap air, bebas bakteri, jamur, serta lumut. Kandungan pH-nya pun cukup stabil yaitu antara 5,5 sampai 6,5. 

Di dalam coco fiber juga terdapat berbagai mineral yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Mulai dari kalsium, fosfor, natrium, magnesium, dan juga kalium. 

2. Kasur dan Matras 

Coco fiber bisa menjadi bahan matras bagi orang-orang yang memiliki gangguan atau sakit pada punggung mereka. Sebab, tingkat empuk matras ini juga alami karena proses pengeritingan dari sabut kelapa. 

3. Jok Mobil 

Manfaat selanjutnya dari coco fiber adalah untuk jok mobil. Sabut kelapa memiliki fleksibilitas yang sangat baik dan cenderung tahan lama. Tidak heran jika banyak perusahaan otomotif menggunakan coco fiber untuk bahan isian jok mobil. 

Seperti perusahaan Porsche dan Mercedes Benz. Bahkan, tidak hanya untuk mobil, coco fiber juga bisa menjadi bahan isian kursi pesawat. 

4. Bahan Peredam Suara 

Coco fiber juga bisa menjadi bahan peredam suara yang bagus di suatu ruangan. Seperti misalnya studio rekaman atau untuk peredam speaker sound system. 

5. Kerajinan Tangan

Terakhir, coco fiber dapat Anda gunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai barang kerajinan tangan. Mulai dari keranjang, tempat penyimpanan, dan dekorasi rumah lainnya. 

Hal ini dikarenakan coco fiber memiliki seratnya yang kuat dan tahan lama. Inilah yang kemudian membuatnya cocok untuk digunakan untuk membuat kerajinan tangan. 

coco fiber beli dimana

Coco Fiber Beli Dimana? 

Dengan manfaatnya yang sangat besar, tentu Anda mulai penasaran dan mencari informasi coco fiber beli dimana. Coco fiber sendiri sudah terjual bebas dan Anda bisa membelinya melalui 2 (dua) cara yaitu online dan offline:

1. Online

Anda bisa membeli coco fiber di berbagai e-commerce populer yang ada di Indonesia. Karena umumnya akan ada banyak toko khusus tanaman yang juga menyediakan coco fiber dalam produk mereka. 

2. Offline 

Jika ingin membeli secara offline, maka Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat dari tempat tinggal Anda. Banyak toko pertanian lokal menyediakan coco fiber dalam berbagai bentuk seperti kumparan hingga potong-potongan.

Untuk harganya sendiri, coco fiber bisa Anda beli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Akan tetapi, harga tersebut bisa sangat bervariasi tergantung dari tempat Anda membeli, kuantitas, serta kualitas dari coco fiber itu sendiri. 

Harga coco fiber umumnya adalah sekitar Rp10.000 sampai R30.000 per 1 kilogram nya. Tinggal pilih saja coco fiber sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Sekarang, Anda sudah tahu kan coco fiber beli dimana? Dengan memahami informasi ini, diharapkan Anda bisa mendapatkan coco fiber dengan mudah sesuai kebutuhan. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai biomassa dan produk turunan kelapa lainnya, Anda bisa mengaksesnya di website https://tanami.co.id/ kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di https://wa.me/6281212333590 (Maria) untuk terhubung langsung dengan tim kami.