pot anggrek dari sabut kelapa

Menanam anggrek terdengar sangat sederhana. Anda hanya perlu membeli dan menyiapkan pot bunga, menaruh tanah dan menanam bijinya. Itu adalah cara dasarnya. Namun, tahukah ternyata Anda dapat membuat pot anggrek dari sabut kelapa?

Sabut kelapa ternyata memiliki banyak manfaat, terutama untuk kerajinan. Sabut kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah pot tanaman, khususnya pot anggrek. Tidak hanya itu, pot dari sabut kelapa juga kerap dijadikan ladang bisnis.

Keuntungan Pot Anggrek dari Sabut Kelapa

Ada beberapa keuntungan jika menggunakan pot sabut kelapa. Pasalnya, sabut kelapa merupakan bahan yang lembab dan mudah menyerap air. Tidak heran, bahan ini kerap dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah pot bunga.

Masih banyak manfaat bagi tanaman yang ditanam di pot sabut kelapa. Sabut kelapa dapat mengunci nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, dan kalsium. Sabut kelapa juga mengandung kalium, salah satu elemen nutrisi penting bagi pertumbuhan tanaman. 

Pot dari bahan ini turut membuat pH tanah tetap netral dan seimbang. Artinya, hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri baik di sekitar akar tanaman. 

pot anggrek dari sabut kelapa

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebenarnya alat untuk membuat pot bunga anggrek dari sabut kelapa mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa alat tersebut adalah gunting, pisau kecil dan besar, bor, tali, dan spidol. Jika perlu, Anda mungkin membutuhkan sebuah mesin pengupas untuk mengambil sabut kelapa dari kulit buahnya.

Tentu saja, Anda membutuhkan sabut kelapa sebagai bahan inti. Tidak hanya itu, Anda juga memerlukan sebuah tali sebagai satu lagi bahannya. Hal ini karena pot ini cocok untuk dijadikan sebuah pot gantung.

Cara Membuat Pot Anggrek dari Sabut Kelapa

Jika masih belum memiliki sabut kelapa, ambil buah kelapa dan kupas terlebih dahulu menggunakan sebuah mesin pengupas. Asalkan, kulit kelapa tersebut harus kering agar sabut kelapa dapat diambil cukup mudah dan tidak rusak.

Cara membuat pot anggrek dari sabut kelapa selanjutnya adalah dengan membagi sabut kelapa. Silakan gunakan pisau untuk membaginya menjadi empat bagian. Setelah itu, potong seperempat bagian dari sabut kelapa.

Tandai bagian atas dan bawah sabut kelapa menggunakan spidol. Gunakan bor untuk melubangi kedua tanda tersebut secara hati-hati. Nantinya, kedua lubang ini untuk menempelkan belahan batok kelapa dan mengikatkan tali untuk mengikat periuk.

Selesai dibor, masukkan tali ke dalam lubang tersebut. Kencangkan setiap lubang agar kedua bagian sabut kelapa tersebut menjadi erat. Rekatkan sambungan antar belahan sabut kelapa agar tertempel dengan kuat.

Anyam sabut kelapa tersebut menjadi seperti dasi di bagian dalamnya. Lalu ulangi pada setiap potongan sabut kelapa demi membentuk sebuah ikatan yang kokoh. Setelah itu, potong sabut kelapanya.

Terakhir, saatnya menanam anggrek. Bersihkan setiap permukaan pot terlebih dahulu menggunakan pemutih dan air. Lalu tunggu sampai kering. Hal ini agar proses penanaman anggrek tidak terganggu oleh permukaan yang kotor.

Siapkan anggrek dengan hati-hati dan potong akar yang buruk menggunakan gunting bersih. Akar yang buruk ditandai oleh kondisi kering atau lembek. Kemudian, bilas akarnya menggunakan air bersuhu ruangan. Tempatkan akar anggrek kurang lebih 2,5 centimeter dari bagian atas wadah pot.

Isilah sisa ruang kosong di sekitar akar anggrek dengan sisa sabut kelapa. Begitu wadah pot sudah penuh, siram dengan air agar permukaannya menetap.

Itulah cara membuat pot anggrek dari sabut kelapa. Cara untuk membuatnya sangat mudah dan sederhana, bukan?

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai pot sabut kelapa, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Hubungi Tanami
Halo Sobat Tanami, terima kasih telah mengunjungi situs web Tanami
Tekan tombol di bawah untuk mengirim pesan WhatsApp kepada Tim Tanami