kelapa parut kering

Tahukah Anda bahwa kelapa parut kering memiliki sejumlah manfaat, selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, bahan tersebut bisa kita jadikan sebagai media tanam atau pupuk. Jadi jika Anda memiliki kelapa parut yang sudah tidak terpakai, jangan langsung dibuang begitu saja.

Kelapa menjadi salah satu buah yang serbaguna, selain kita bisa memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, sabut kelapa juga memberikan banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan urban farming, dan kini banyak sekali produk turunan kelapa yang dimanfaatkan. 

Mulai dari cocopeat, kelapa parut kering, coco fiber, coco sheet, coco bristle dan masih banyak lagi yang kini bisa Anda temukan dengan mudah. Bertanam menjadi salah satu aktivitas atau hobi yang banyak disukai, selain bisa mempercantik hunian, Anda juga bisa melepas stress.

Menjaga agar tanaman tidak layu atau rusak memang tidak mudah, terkadang kita harus cermat dalam memilih media tanam yang tepat. Dan perlu Anda ketahui, bahwa tanah bukanlah satu-satunya media tanam bisa Anda gunakan, melainkan banyak sekali jenis dan macamnya.

Manfaat bagi Pupuk Tanaman

Akan lebih baik bukan, jika media tanam yang digunakan juga berasal dari bahan alami. Selain itu manfaat yang diberikan juga sangat baik bagi tanaman yang Anda miliki. Salah satu media tanam berbahan alami dan organik adalah kelapa parut, berikut berbagai manfaatnya bagi tanaman. 

1. Sebagai Bahan Kimia Alami

Salah satu manfaat dari kelapa parut kering adalah sebagai bahan kimia alami. Biasanya kita akan menggunakan pestisida atau obat-obatan untuk mencegah adanya penyakit atau hama yang bisa merusak tanaman, sehingga sulit tumbuh subur dan alhasil tanaman Anda akan cepat layu.

Meski dinilai baik bagi tanaman, adapun dampak negatif yang dimiliki pestisida yaitu membuat ekosistem tidak seimbang. Selain itu juga tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi oleh manusia. Sehingga akan lebih baik jika Anda memanfaatkan bahan kimia alami, seperti halnya kelapa kering ini.

2. Menciptakan Kantong Udara di dalam Tanah

Kelapa parut kering juga bermanfaat menciptakan kantong udara di dalam tanah, dengan begitu air yang mengalir dari atas bisa dialirkan dengan sempurna. Oleh karena itu kelapa dikenal baik sebagai drainase, kadar air di dalam tanah bisa terjaga dengan baik dan tidak kekeringan.

3. Mempertahankan Kelembaban Tanah

Manfaat lainnya adalah mempertahankan kelembaban tanah, tentu hal tersebut sangat penting bagi tanaman. Jika tanah terlalu kering atau terlalu basah, maka kandungan didalamnya akan mudah mengalami kekeringan atau busuk, sehingga penting untuk menjaganya tetap stabil.

4. Menetralkan Kadar PH

Kelapa parut kering juga mampu menetralkan kadar PH, serta menyimpan unsur hara yang Anda berikan ke dalam tanaman. Jika kadar PH pada tanaman Anda stabil dan sesuai, tentu saja akan lebih mudah bagi mereka untuk tumbuh dengan sehat.

Salah satu penyebab tanaman sulit tumbuh adalah, karena kadar PH di dalam tanah yang tidak stabil sehingga membuat tumbuhan kekurangan nutrisi akibat unsur hara yang tidak didapatkan. 

Tempat Terbaik bagi Anda Mendapatkan Kelapa Parut Kering

Penting untuk menjaga agar tanah di dalam tanaman yang Anda miliki, terjaga dengan baik agar tidak kekurangan atau kelebihan. Menggunakan kelapa kering sebagai media tanam, menjadi pilihan sangat kami rekomendasikan untuk Anda.

JIka Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai kelapa parut kering, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)