minyak kelapa non rbd ekspor

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam pohon kelapa berlimpah. Sehingga tidak heran jika Indonesia mampu melakukan minyak kelapa non RBD ekspor. Bahkan kemampuan ekspor minyak kelapa Indonesia ini berada pada urutan kedua setelah Filipina.

Adanya prospek ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan bisnis. Jika tertarik untuk mengetahui prospek minyak kelapa non RBD ekspor di Indonesia, bacalah ulasan ini. Akan ada banyak informasi yang bisa didapatkan sebelum melakukan bisnis ekspor.

Alasan Kelapa Jadi Produk Ekspor Menjanjikan

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang menyadari bahwa kelapa memiliki potensi yang cukup baik dalam dunia ekspor. Hal ini bisa terjadi karena hampir semua bagian dari kelapa bisa dibuat menjadi produk. Lebih jelasnya, berikut bagian kelapa yang bisa dijadikan produk.

  1. Daun

Daun kelapa banyak memiliki manfaat dalam kehidupan masyarakat. Dimana daun ini bisa digunakan untuk membuat atap, pembungkus ketupat, sapu lidi dan juga masih banyak lainnya.

  1. Batang

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan batang kelapa sebagai bahan furniture. Penggunaan batang ini sebagai bahan baku furniture juga tidak kalah kualitasnya dengan jenis kayu lainnya.

  1. Air Kelapa

Selain sebagai minuman, air kelapa ini juga bisa dimanfaatkan dalam campuran pembuatan zat warna. Sehingga sangat tidak rugi jika menanam pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan semua bagiannya.

  1. Sabut Kelapa

Teksturnya yang sedikit kasar dengan sifatnya yang mudah menyerap air, membuat sabut kelapa sangat cocok digunakan untuk pembuatan keset. Selain keset, produk lain yang bisa dihasilkan dari sabut kelapa adalah anyaman, matras, tali dan masih banyak berbagai macam produk lainnya.

  1. Tempurung Kelapa

Bagian kelapa lainnya yang bisa digunakan adalah tempurung kelapa. Berbagai produk yang bisa dihasilkan dengan menggunakan tempurung ini adalah arang, obat nyamuk dan lain-lain.

  1. Daging Buah

Selain dikonsumsi secara langsung, daging buah kelapa juga bisa digunakan dalam pembuatan berbagai macam olahan. Dari mulai santan, minyak kelapa, pakan ternak dan berbagai macam produk lainnya bisa dihasilkan dari daging buah ini.

  1. Nira

Nira kelapa sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Dimana bahan ini sering digunakan untuk pembuatan gula kelapa yang kaya akan manfaat.

Potensi Minyak Kelapa Non RBD Ekspor

Akhir-akhir ini permintaan minyak kelapa non RBD ekspor mulai meningkat tajam seiring banyaknya penemuan akan manfaat penggunaannya. Bahkan manfaat penggunaan minyak kelapa tersebut tidak hanya terbatas pada komoditas pangan saja. 

Melainkan kebutuhan lain seperti medis, industri dan juga komersil banyak membutuhkan minyak kelapa ini sebagai bahan baku. Sehingga tidak heran jika permintaannya meningkat tajam dari tahun ke tahun. Bahkan permintaan ekspor ini menjangkau ke beberapa negara besar seperti Amerika.

Adanya kesempatan ini harus dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan ekspor. Mengingat sumber daya minyak kelapa di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Termasuk juga komoditas minyak kelapa non RBD ekspor goreng yang sangat berlimpah.

Performa Produk Kelapa Indonesia dalam Ekspor

Supaya lebih memberikan pandangan yang nyata adanya potensi yang cukup bagus pada minyak kelapa. Maka, Anda perlu mengetahui pula performa ekspor produk kelapa Indonesia. Adanya data ini bisa menjadi bukti bahwa kegiatan ekspor kelapa Indonesia bukanlah isapan jempol belaka.

Bahkan produk yang dimiliki Indonesia bisa dikatakan memiliki kualitas yang bagus, sehingga dapat diterima dengan baik di berbagai negara. Untuk lebih jelasnya mengenai performa tersebut, berikut tabel yang bisa dijadikan referensi dalam melihat performa ekspor produk kelapa.

ProdukNilai EksporVolume EksporNilai Jual Per TonPangsa Pasar
Kelapa dalam batok56 juta USD298, 5 ton188 USDPeringkat 1 (36%)
Kelapa parutan tekstur kering170 juta USD109,2 ton1,562 USDPeringkat 2 (22%)
Kopra yang mentah354 juta USD344,9 ton1,028 USDPeringkat 2 (29%)
Kopra telah diolah368 juta USD330, 3 ton1,115 USDPeringkat 2 (24%)
Gula kelapa63 juta USD42, 06 ton1,502 USDPeringkat 13 (4%)
Sabut kelapa11 juta USD41, 5 ton271 USdPeringkat 9 (2%)

Berdasarkan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas produk kelapa milik Indonesia sangatlah bagus. Meskipun tidak disebutkan secara spesifik mengenai minyak kelapa, namun dapat dipastikan bahwa minyak kelapa jenis non RBD juga memiliki kualitas ekspor terbaik.

Bagi Anda yang melihat kesempatan minyak kelapa non RBD ekspor ini sebagai peluang bisnis yang bagus. Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website Tanami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)