coconut husk kura kura brazil

Kura-kura Brazil adalah salah satu hewan peliharaan yang paling dicari oleh pecinta hewan. Bagi Anda yang suka dengan binatang ini, harus mempersiapkan kandang yang nyaman agar kura-kura Brazil tetap hidup. Salah satu jenis kandang yang bisa dibuat adalah coconut husk kura-kura Brazil.

Selain itu, masih banyak jenis pembuatan kandang lainnya yang bisa Anda buatkan untuk kura-kura Brazil ini. Jika ingin mengetahuinya lebih jelas dan lengkap mengenai cara pembuatan kandang terbaik, simak ulasan berikut ini.

Tips Buat Kandang Kura-kura Brazil Nyaman

Ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kandang kura-kura Brazil yang nyaman. Meskipun ada berbagai macam kandang dan tidak hanya coconut husk kura-kura Brazil saja, beberapa hal berikut tetap harus diperhatikan.

  1. Luas Kandang

Bagian pertama yang harus diperhatikan saat akan membuat kandang dengan metode coconut husk kura-kura Brazil adalah luas kandangnya. Anda harus memastikan dengan perkiraan luas yang diberikan tetap memberikan kemudahan kura-kura dalam bergerak.

Jangan sampai kandang yang disiapkan memiliki luas lebih kecil, sehingga kura-kura menjadi terbatas gerakannya. Karena kalau hal ini terjadi, maka kura-kura tersebut akan mudah mengalami stres.

  1. Peletakkan

Setelah memastikan luas kandang yang dibuat sudah sesuai dengan ukuran kura-kura. Maka, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa letak dari kandang tersebut berada pada tempat yang pas. Pastikan kondisinya sesuai dengan habitatnya, agar kura-kura bisa menyesuaikan diri.

Anda bisa meletakkan kandang tersebut pada tempat yang terkena matahari langsung. Dimana adanya sinar matahari ini akan mempermudah kura-kura saat ingin berjemur pada pagi dan juga sore hari.

  1. Pemilihan Bahan

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang juga perlu diperhatikan agar habitat lebih sesuai dengan kondisi kura-kura. Anda bisa menggunakan bahan kayu untuk menghadirkan kesan alami pada kandang tersebut.

Gunakan beberapa tips tersebut saat Anda akan membuatkan kandang terbaik untuk kura-kura kesayangan Anda. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui berbagai macam jenis kandang yang bisa dibuat untuk kura-kura Brazil Anda ini.

Jenis Kandang

Ada banyak jenis kandang yang bisa dibuat agar kura-kura Brazil merasa lebih nyaman. Berikut ini adalah jenis kandang yang bisa Anda buat sesuai dengan kebutuhan kura-kura dan keinginan Anda.

  1. Coconut Husk Kura-Kura Brazil Terrarium

Anda bisa membuatkan kandang kura-kura dengan metode Terrarium. Dimana Anda bisa membuat habitat kura-kura mirip dengan aslinya dengan memberikan alas coconut husk. Gunakan akuarium kaca sebagai wadahnya agar memudahkan untuk melihat perkembangan kura-kura.

Jangan lupa untuk memberikan tambahan tanaman kecil dan juga tempat persembunyian agar kura-kura bebas bergerak. Pastikan pula Anda meletakkan pada tempat yang terjangkau oleh sinar matahari.

  1. Kolam

Apabila Anda tidak ingin membuat kandang dengan menggunakan metode Terrarium, maka Anda bisa membuatnya seperti kolam. Maksud kolam disini bukan menggunakan air, melainkan bentuknya yang seperti kolam. 

Anda bisa menggunakan ember dengan bagian alas menggunakan coconut husk kura-kura Brazil asli. Penggunaan coconut husk ini akan sangat membantu karena sifatnya yang mudah menyerap air. Kandang akan menjadi lebih nyaman dan kura-kura bisa tumbuh dengan baik.

  1. Torto Table

Cara berikutnya yang bisa Anda buat adalah Torto Table. Seperti namanya, kandang ini dibuat mirip seperti meja dengan berbagai bahan di dalamnya. Siapkan bagian alas, hiasan dan juga bahan pendukung lainnya agar kura-kura tidak mudah stres.

Untuk bagian alas Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan. Namun tetap pastikan bahan tersebut mampu menyerap air dan memberikan kelembapan yang sesuai.

Tips dan jenis-jenis kandang untuk kura-kura Brazil di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. JIka Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai coconut husk dan produk turunan kelapa lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk mendapatkan coconut husk berkualitas dengan harga terjangkau.