coconut husk vivarium adalah

Coconut husk vivarium adalah salah satu istilah yang sering digunakan pada penyebutan pembuatan habitat mirip aslinya. Dimana seiring berjalannya waktu istilah ini juga mengalami perkembangan makna sehingga muncul istilah-istilah lain.

Banyaknya istilah dalam pembuatan habitat mirip asli menjadikan tidak sedikit orang yang merasa bingung. Agar Anda mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai penggunaan istilah ini, simak penjelasan berikut.

Coconut Husk Vivarium Adalah Apa?

Penjelasan mengenai penggunaan istilah ini harus dijabarkan secara rinci agar tidak terjadi kesalahan dalam pemahaman. Sebelum Anda mengetahui makna dari penggunaan istilah coconut husk vivarium substrate, maka Anda perlu tahu dulu makna dari Vivarium.

  1. Arti Kata Vivarium

Vivarium merupakan istilah yang diambil dari bahasa latin dan memiliki makna dari dua kata yaitu Viva (kehidupan) dan Arium (wadah atau tempat). Sehingga dari arti dua kata tersebut bisa didapatkan makna bahwa Vivarium adalah tempat yang sengaja dibuat mirip dengan habitat asli.

Baik itu habitat di darat maupun perairan dibuat dengan kondisi semirip mungkin. Sehingga makhluk hidup yang tinggal pada habitat tersebut akan merasa nyaman.

  1. Arti Coconut Husk

Coconut husk adalah istilah yang digunakan sebagai penyebutan cangkang sawit atau bagian terluar dari kelapa. Penggunaan istilah ini semakin berkembang seiring banyaknya permintaan coconut husk untuk berbagai macam kebutuhan.

Sehingga digunakanlah istilah coconut husk untuk mempermudah dan menyatukan persepsi. Maka dari itu, penggunaan istilah coconut husk ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa coconut husk vivarium adalah pembuatan  habitat buatan mirip asli yang memanfaatkan cangkang sawit. Penggunaan cangkang sawit ini akan sangat bermanfaat karena berasal dari bahan alami pula.

Macam-Macam Vivarium

Setelah mengetahui penggunaan istilah coconut husk vivarium adalah sebagai habitat buatan mirip kondisi asli. Maka, Anda juga perlu mengetahui jenisnya pula agar tidak salah dalam memahaminya. Berikut ini adalah macam-macam Vivarium yang banyak dikenal dikalangan masyarakat.

1. Terrarium

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Terrarium yang merupakan bahasa latin berasal dari dua kata Terra (tanah atau daratan) dan Arium (tempat). Sehingga dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa Terrarium adalah habitat darat yang dibuat mirip dengan aslinya.

Pada perkembangannya, pembuatan Terrarium ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pembuatan hewan saja. Melainkan berbagai macam jenis tumbuhan yang hidup juga bisa dibuatkan Terrarium. 

Sehingga muncullah istilah Avisarium (habitat unggas), Orchidarium (Anggrek) dan Reptilarium (habitat reptil). Dari sini bisa dipahami bahwa Terrarium adalah bagian dari Vivarium.

2. Paludarium

Istilah Paludarium juga berasal dari bahasa latin dari kata Palus (rawa) dan Arium (wadah atau tempat). Dari kedua kata tersebut bisa didapatkan makna bahwa Paludarium adalah Vivarium yang dibuat dengan menggabungkan dua habitat yaitu darat dan air.

Dalam habitat ini bisa diberikan berbagai macam jenis fauna seperti hewan air, darat dan juga amphibi. Dimana kondisi habitatnya dibuat sama persis dengan rawa.

3. Aquarium

Aquarium juga menjadi bagian dari Vivarium. Untuk penggunaan istilah satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dimana habitat yang dibuat mirip dengan aslinya adalah habitat perairan. Meskipun bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk, namun komponen utama tetap mirip asli.

Mulai dari tanaman air, karang dan juga pendukung habitat air lainnya. Hewan yang hidup didalamnya akan menjadi terawat dan tidak cepat stres.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa jenis coconut husk vivarium Indonesia yang cocok untuk menggunakan cangkang sawit adalah Terrarium. Penggunaan coconut husk tersebut berkaitan pula dengan fungsinya sebagai penyerapan.

Kini, Anda telah mengetahui bahwa coconut husk vivarium adalah pembuatan habitat yang mirip aslinya dengan memanfaatkan cangkang sawit. Jika Anda berkeinginan untuk membuatnya, Anda bisa menghubungi kami dengan klik di sini. Anda juga bisa mengakses berbagai macam keperluan urban farming dan produk turunan kelapa lainnya seperti cocopeat, coco fiber, coco mesh dan lain lain di website kami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)