Perkembangan teknologi terus menghadirkan inovasi baru dalam berbagai bidang, termasuk pertanian. Mulsa organik tanaman salah satunya. Bahan organiknya berasal dari sisa tanaman, seperti pelepah daun pisang, alang-alang, bahkan sabut kelapa. Apa kelebihan yang ditawarkan oleh mulsa ini?

Seputar Mulsa Organik

Mulsa berarti material penutup yang berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah serta menahan pertumbuhan dan perkembangan tanaman pengganggu yang dapat menyerang dan memberi sakit pada tanaman.

Dengan adanya mulsa organik tanaman, pertumbuhan tanaman tersebut dapat terjadi dengan baik. Mulsa juga bermanfaat dalam menghalangi munculnya benih-benih gulma. Penutup ini terbagi menjadi dua, yaitu mulsa organik dan mulsa anorganik.

Mulsa organik sendiri merupakan mulsa yang bahan pembuatannya berasal dari sisa-sisa pertanian. Misalnya seperti jerami padi, batang kacang tanah, pelepah daun pisang, batang jagung, sabut kelapa, dan sebagainya. Daripada mulsa anorganik, mulsa organik lebih ekonomis dari segi harga.

1. Manfaat dan Kelebihan Mulsa Organik

Menilik dari sisi ekonomis mulsa organik tanaman, terdapat beberapa kelebihan lain yang disandang oleh mulsa jenis ini. Beberapa kelebihan mulsa ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mulsa organik mudah ditemukan dan tidak membutuhkan biaya tinggi dalam mencari material atau bahan pembuatannya. Bahan mulsa organik bisa diperoleh dari sisa-sisa pertanian yang tidak terpakai dan seharusnya akan dibuang.
  • Mulsa organik tanaman mampu merendahkan suhu tanah hingga lembap sehingga dikatakan baik untuk tanah.
  • Keberadaan mulsa organik dapat mencegah terjadinya erosi.
  • Penggunaan mulsa organik secara langsung dapat menambah unsur-unsur organik yang baik pada tanah sehingga tanah tidak lapuk, sebab di masa-masa tertentu, tanah yang lapuk bisa merusak dan berbahaya untuk tanaman.
  • Mulsa organik dapat menahan pertumbuhan gulma.
  • Dengan mulsa organik, aktivitas mikroorganisme dalam tanah meningkat. Hal ini baik untuk menambah kebaikan sifat kimia dan fisika pada tanah.
  • Kelembapan tanah karena adanya mulsa dapat mengurangi penguapan secara efisien.
  • Pemakaian mulsa termasuk dalam teknik konservasi tanah dengan keperluan biaya rendah serta tenaga kerja yang rendah pula.

2. Kelebihan Mulsa Organik dibanding Mulsa Anorganik

Pada zaman ini, pertanian organik lebih digembor-gembor demi memperoleh hasil panen sehat dan berkualitas. Namun, kebiasaan menggunakan pupuk kimia dan media tanam anorganik membuat beberapa petani masih ragu memilih mulsa organik.

Padahal, makanan alami tanaman seharusnya bebas dari bahan-bahan kimia dan tambahan sejak tanah diolah dari tahap menanam. Memakai bahan alami menjadi rekomendasi, menambah cacing untuk menggemburkan tanah pun akan memperoleh efek oksidasi yang meminimalkan pencemaran.

Namun, pertumbuhan gulma atau tanaman pengganggu akhirnya membuat petani memutuskan untuk menggunakan mulsa organik yang tidak akan membahayakan kondisi tanah. Teknologi pertanian yang maju menjadikan mulsa sabut kelapa sebagai salah satu terobosan untuk mulsa organik tumbuhan.

Mulsa sabut kelapa ini pun menjadi mulsa yang sangat baik berperan sebagai media penutup tanah. Di samping alami, mulsa organik ini pun mampu menaikkan kualitas tanaman serta tanah yang ditutupnya, sebab langsung terurai dan otomatis menjadi pupuk dengan cara efektif.

Kelebihan Mulsa Sabut Kelapa

Karena terbuat dari bahan alami yang merupakan sisa-sisa tanaman hasil pertanian, mulsa sabut kelapa mudah ditemui. Beberapa teknologi pun sudah mulai memproduksi mulsa ini, namun bila ingin, petani juga bisa memanfaatkan serat sabut kelapa yang berada di dekat mereka.

Untuk berbagai kebutuhan dalam menyesuaikan bentuk tanaman, mulsa sabut kelapa biasanya hadir dalam tiga bentuk, yaitu lingkaran, persegi, dan ada pula bentuk lembaran panjang.

Pengolahan tanah Anda akan semakin baik dengan pemakaian mulsa organik untuk tanaman, salah satunya ialah mulsa yang berbahan sabut kelapa. Wujudkan kondisi tanaman terbaikmu dengan mulsa sabut kelapa dari kami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mulsa sabut kelapa dan produk turunan kelapa lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami atau klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)