Tetes tebu atau biasa disebut dengan molase merupakan produk sampingan gula yang biasanya juga dimanfaatkan sebagai pemanis. Akan tetapi dibandingkan dengan gula, molase memiliki lebih banyak manfaat.

Kebanyakan orang mungkin akan memilih gula pasir sebagai salah satu sumber pemanis. Akan tetapi, selain gula ternyata ada bahan pemanis lainnya yang lebih bagus dan bermanfaat untuk tubuh yaitu molase.

Molase merupakan sari-sari tebu yang biasanya memiliki bentuk sirup kental berwarna gelap. Proses untuk mendapatkan molase ini diawali dengan menghancurkan tebu kemudian memanaskan airnya hingga tercipta kristal gula. 

Selanjutnya, cairan yang tertinggal setelah kristal gula tersebutlah dimanakan dengan tetes tebu atau molase. Molase ini biasanya akan dimanfaatkan sebagai sumber pemanis alternatif selain gula yang lebih aman.

Pada dasarnya, molase sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda dari gula. Maka dari itu, penggunaan molase untuk dikonsumsi juga tidak boleh berlebihan karena bisa memicu diabetes.

Potensi Manfaat Tetes Tebu untuk Kesehatan

Menurut beberapa penelitian yang juga masih terus dikaji hingga saat ini, molase ternyata memiliki berbagai potensi manfaat untuk kesehatan. Beberapa potensi manfaat tersebut di antaranya seperti berikut ini :

  1. Mengendalikan Radikal Bebas

Salah satu potensi manfaat dari tetes tebu adalah bisa mengendalikan radikal bebas. Hal ini khususnya untuk jenis molase blackstrap yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi bahkan melebihi madu.

Kandungan antioksidan tinggi dalam molase dipercaya mampu mengendalikan radikal bebas berlebih dalam tubuh. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menyakinkan potensi manfaat dari molase tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat tetes tebu atau molase yang selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan tulang. Molase dipercaya kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, tembaga, dan selenium. Mineral ini memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan tulang pada tubuh manusia.

Meskipun demikian, konsumsi molase tetap tidak boleh berlebihan. Sebagai alternatif untuk menambah asupan mineral, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan dan produk susu yang lebih sehat.

Manfaatnya untuk Hewan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, molase ternyata juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk hewan khususnya sapi. Tidak heran jika bahan pemanis ini menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan sapi.

Manfaat molase untuk sapi adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Ketika sapi tidak bergairah untuk makan, biasanya peternak akan memberikan tetes tebu sebagai vitamin alternatif agar mau makan kembali.

Molase memiliki bau dan rasa yang khas dan dipercaya bisa meningkatkan gairah makan pada hewan ternak seperti sapi. Cara ini sudah banyak diterapkan oleh peternak dan diyakini ampuh untuk mengembalikan nafsu makan hewan ternak.

Selain sebagai vitamin penambah nafsu makan, tetes tebu juga biasa dimanfaatkan sebagai energi esensial bagi ternak khususnya saat cuaca sedang tidak baik. Kandungan sukrosa yang tinggi dalam molase bisa membantu hewan ternak lebih sehat.

Pemberian molase pada hewan tidak diberikan secara langsung. Akan tetapi Anda cukup menyemprotkannya ke makanan ternak tersebut. Hal ini untuk menghindari pemberian molase yang terlalu banyak dan justru bisa membuat hewan ternak berbahaya.

Molase memang bisa memberikan berbagai manfaat. Akan tetapi selalu ingin bahwa penggunaan bahan ini tidak boleh berlebihan karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Meskipun banyak yang menganggap bahwa molase adalah limbah, nyatanya cairan ini memiliki banyak manfaat baik bagi manusia maupun ternak. Akan tetapi mengenai kandungan dan manfaat tetes tebu ini memang harus diteliti lebih lanjut lagi agar lebih menyakinkan.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai tetes tebu, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk mendapatkan tetes tebu berkualitas dengan harga terjangkau.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)