Manfaat kohe kambing
Kotoran Hewan Kambing Fermentasi

Sejumlah manfaat kohe kambing telah dirasakan oleh para petani. Meskipun bentuknya keras, kecil dan terasa menjijikan, namun memiliki sejumlah manfaat yang tidak dapat dilewatkan. 

Kotoran ini bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos. Menurut beragam penelitian yang telah dilakukan, kotoran kambing memiliki unsur hara paling lengkap, baik itu yang berbentuk padat maupun cair. Bentuk cair diklaim akan lebih baik untuk mempercepat proses penyerapan. 

Tidak hanya memiliki unsur hara nitrogen, fosfor dan kalium, kotoran kambing juga memiliki unsur hara mikro. Nitrogen dan fosfor umumnya dibutuhkan untuk proses pertumbuhan atau pembuahan. 

Adapun unsur kalium dan mikro dibutuhkan sebagai asupan nutrisi pada tanaman. Salah satu manfaat dari kohe kambing ialah mengurangi biaya pupuk yang dikeluarkan oleh petani hingga 50 persen. 

Misal jika pupuk dari bahan kimia membutuhkan bahan 80 karung. Maka pupuk kompos hanya membutuhkan 40-50 karung saja.

Inilah 5 Manfaat Kohe Kambing 

Kotoran kambing merupakan bahan utama pembuatan pupuk kompos yang paling sering digunakan. Berikut beragam manfaat yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Tanah Jadi Lebih Subur

Salah satu manfaat kohe kambing adalah membuat tanah menjadi lebih subur, sebab tanah yang diberi pupuk kompos ini akan mengandung banyak nutrisi. Tanah subur diperlukan untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman budi daya.

  1. Menjadi Komponen Zat Perangsang

Manfaat kotoran kambing yang tidak kalah penting ialah sebagai komponen zat perangsang. Hal ini dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan tanaman mulai dari akar, batang daun dan buah secara cepat.

  1. Meningkatkan Produktivitas Tanaman

Manfaat kohe kambing selanjutnya ialah meningkatkan produktivitas tanaman, tanaman yang diberi pupuk kompos dari kotoran ternak ini dipercaya memiliki produktivitas. Selain itu kualitas lebih tinggi yang dapat Anda lihat dari warna tanah dan tingkat kesehatan tanaman.

  1. Membantu Pembentukan Senyawa

Tanaman budi daya yang dirawat dengan menggunakan pupuk kompos kambing akan mempercepat proses pembentukan senyawa. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari tanaman dari ion logam yang dapat meracuninya.

  1. Mengurangi Tercucinya Nitrogen

Mengurangi tercucinya nitrogen pada tanaman merupakan salah satu manfaat kohe kambing yang tidak kalah penting dengan begitu tanaman bisa tumbuh lebih baik. Selain itu, nitrogen yang terlarut akan semakin sedikit dan memberi keuntungan bagi tanaman.

Hal yang Harus Anda Hindari dalam Pemupukan

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, pupuk dari kotoran ini tidak dapat menghasilkan pertumbuhan baik jika proses pemupukannya salah. Berikut hal-hal yang harus Anda hindari agar kohe kambing dapat bekerja secara optimal.

  1. Terlalu Banyak Memberikan Pupuk 

Manfaat kohe kambing akan hilang jika terlalu banyak memberikan pupuk pada tanaman sebab terlalu banyak memberikan pupuk dapat menimbulkan kematian tanaman. Pupuk tabur bisa Anda lakukan 2 minggu sekali sedangkan pupuk cair bisa dilakukan satu minggu sekali.

  1. Terlalu Fokus Pada NPK

Kesalahan yang kedua ialah terlalu fokus pada kandungan nitrogen, fosfor dan kalium, walaupun ketiga unsur ini dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman. Namun akan lebih baik jika Anda melakukan uji tanah berkala untuk mengetahui kandungan apa yang kurang.

  1. Mengabaikan pH Tanah

Mengetahui tingkat keasaman atau pH tanah tidak kalah penting untuk diperhatikan karena setiap jenis pupuk akan disesuaikan dengan kisaran pH tanah tertentu. Jika diabaikan maka unsur hara yang diserap oleh tanaman dari pupuk akan kurang efisien dan manfaat kohe kambing hilang.

  1. Waktu Pemupukan Salah 

Waktu pemupukan yang salah turut mempengaruhi pertumbuhan tanaman, sebaiknya gunakan pupuk beberapa hari sebelum penanaman bibit dan setelah terlihat munculnya daun. Namun jangan tunggu tanaman terlihat stres, lemah dan terkena serangga karena akan sia-sia.

Kotoran kambing merupakan bahan utama pupuk kompos yang paling sering digunakan. Jika Anda tertarik untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai kohe hambing, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk mendapatkan kohe kambing berkualitas dan harga terjangkau.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)