Sabut kelapa untuk orkid

Belakangan ini, sabut kelapa untuk orkid memang banyak diminati oleh pecinta bunga hias. Hal ini dikarenakan sabut kelapa tidak hanya bisa dijadikan sebagai media tanam dan pupuk organik saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagai gantungan pot untuk tanaman hias. Kesabaran dan ketelitian diperlukan untuk bisa membuat pot dari sabut kelapa ini mengingat cara pembuatannya lebih rumit dari pembuatan media tanam.

Panduan Cara Mengolah Sabut Kelapa untuk Orkid

Gantungan pot bunga dari sabut kelapa bisa dibilang salah satu hasil kerajinan tangan sabut kelapa. Kualitas dan ciri khas produk menyesuaikan dengan orang yang membuatnya. Tingkat kerapian, kekuatan yang dihasilkan hingga pewarnaan yang menarik seringkali menjadi daya tarik minat pembeli.

Berikut ini cara mengolah sabut kelapa untuk orkid.

1. Mempersiapkan Peralatan untuk Membuat Pot dari Sabut Kelapa

Langkah pertama yaitu mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat pot. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan meliputi pisau, gunting, bor, tali ijuk, batok dan sabut kelapa.

2. Membuat Pot dari Batok Kelapa

Anda bisa menggunakan bahan dari bagian kelapa lainnya, yaitu batok atau tempurung kelapa. Batok kelapa digunakan sebagai pengganti pot plastik. Gunakan bor untuk membuat lubang pada batok kelapa. Buat lubang di bagian sisi kanan dan kiri untuk memasukkan tali ijuk.

Gunakan tali ijuk dari sabut kelapa yang terbukti kuat dan awet karena akan mempengaruhi susunan pot yang akan dibuat. Lalu, buat tali simpul agar pot batok kelapa dapat menggantung.

  • Masukkan Sabut Kelapa ke Pot

Langkah berikutnya siapkan sabut kelapa. Gunakan sabut kelapa kering untuk dijadikan sebagai media tanaman.

Masukkan tumbuhan orkid ke pot batok kelapa lalu tambahkan sabut kelapa kering yang telah dihaluskan sebelumnya.

Taburkan bubuk sabut kelapa sebagai pupuk organik, lalu siram orkid dengan air bersih secukupnya. Gantung pot batok kelapa di taman atau teras rumah. Tempatkan tanaman orkid di tempat yang terkena sinar matahari.

Keuntungan Menggunakan Sabut Kelapa

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan batok serta sabut kelapa untuk orkid. Anda dapat memanfaatkan sabut kelapa sebagai media tanam orkid. Sabut kelapa ini dikenal memiliki pH yang sangat tinggi, bahkan pH sabut kelapa ini lebih tinggi dari tanah. Oleh karena itu, sabut kelapa ini cocok dijadikan sebagai media tanaman untuk orkid.

Selain itu, sabut kelapa ini dapat digunakan sebagai campuran pupuk organik. Kandungan nutrisi dalam sabut kelapa ini sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman jika dikombinasikan dengan pupuk organik. Keduanya juga dapat melembabkan permukaan pot yang ditanami tumbuhan orkid.

Keuntungan lainnya adalah pot yang terbuat dari batok kelapa ini sangat kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca. Beberapa pengrajin kini telah mengekspor pot yang terbuat dari batok kelapa ke beberapa pasar di mancanegara.

Jika Anda tertarik untuk mulai membuat beberapa produk atau kerajinan tangan berbahan dasar sabut kelapa atau berbagai turunan produk kelapa, Anda bisa mengunjungi Tanami atau klik di sini untuk mengirim pesan ke Tanami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)