Sabut kelapa untuk filter air

Air merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan manusia untuk keberlangsungan hidup. Namun sayangnya, air yang kita gunakan sehari-hari bisa saja tercemar oleh partikel-partikel kotoran. Padahal fungsi air ini sangat krusial sehingga diperlukan adanya air bersih yang aman dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, diperlukan adanya penyaring atau filter untuk memisahkan air dari partikel kotoran. Filter air dapat dibuat dari berbagai macam bahan. Salah satu bahan alternatif untuk pembuatan filter air yaitu sabut kelapa.

Berikut ini adalah cara pembuatan filter air dari sabut kelapa yang mudah diterapkan dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

Cara Pembuatan Sabut Kelapa untuk Filter Air

Bahan utama dari pembuatan filter ini adalah sabut kelapa. Langkah-langkah pembuatan sabut kelapa untuk filter air ialah sebagai berikut

1. Persiapan Bahan

Menyiapkan bahan yang dibutuhkan seperti sabut kelapa, pasir halus, ijuk, batu alam, kerikil dan arang. Bahan-bahan ini nantinya ditumpuk menjadi satu untuk menjadi filter air yang mengalirinya.

2. Pemotongan dan Pemasangan Sabut Kelapa untuk Filter Air

Bahan dikumpulkan menjadi satu dalam satu wadah. Wadah dapat berupa drum atau botol bekas air mineral dimana ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Di skala rumah tangga, biasanya memakai botol bekas air mineral sudah cukup. Selain ekonomis, bahan ini juga mudah ditemui.

Untuk menggunakannya, Anda perlu memotong bagian bawah botol sebagai tempat untuk mengisi bahan yang telah disediakan. Setelah itu, Anda bisa membuat holder agar filter air dari sabut kelapa tersebut bisa digunakan dengan lebih mudah tanpa harus memegangnya.

3. Meletakkan Semua Bahan

Pemasangan bahan dapat dimulai dari peletakan kain kassa sebagai lapisan paling luar dari filter. Setelah itu, Anda dapat menambahkan bahan ijuk di atasnya. Bahan selanjutnya yang dapat Anda masukkan ialah arang batok kelapa dan sabut kelapa untuk filter air. Pastikan semua bahan disusun dengan baik agar penyaringannya bisa dilakukan dengan maksimal.

Selanjutnya Anda dapat menambahkan bahan berupa batu kerikil hingga memenuhi botol dan filter air ramah lingkungan digunakan.

4.Mulai Menyaring Air

Tahap paling akhir ialah menguji coba filter air dari sabut kelapa yang sudah Anda buat. Keberhasilan ditentukan oleh hasil keluaran air yang lebih bersih dari pada saat air tersebut dituangkan ke dalam filter air. Apabila air tetap keruh atau kotoran masih ikut ke dalam keluaran air, maka jangan khawatir, Anda masih bisa melakukan perbaikan dengan cara membongkar dan membenahi kembali susunan filter.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan filter air sangat menentukan bersih atau tidaknya keluaran air saat melalui filter air dari sabut kelapa. Pembuatan filter air adalah salah satu pemanfaatan dari sabut kelapa yang selama ini hanya menjadi limbah. Pemanfaatan lain dari sabut kelapa meliputi pembuatan media tanam, mulsa, tali dan masih banyak lagi. Anda dapat menemukan produk turunan sabut kelapa berkualitas dengan mengunjungi www.tanami.co.id atau klik di sini untuk terhubung langsung dengan Tanami.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)