Dolomit Kunci Kemajuan Pertanian

Dolomit adalah kunci kemajuan pertanian – Kapur dolomit adalah pupuk yang sering digunakan untuk menyediakan nutrisi pada lahan yang kurang produktif. Benarkah pupuk dolomit dapat meningkatkan efektivitas pertumbuhan tanaman? Mari cari tahu jawabannya pada artikel satu ini.

Mengenal Dolomit Adalah

Banyak artikel yang menyarankan Anda untuk menggunakan dolomit sebagai pupuk. Sebenarnya apa itu dolomit? Bagi yang belum tahu, dolomit adalah pupuk yang mengandung campuran kalsium dan magnesium karbonat.

Biasanya toko pertanian menjual pupuk kapur dolomit dalam bentuk yang sudah dihaluskan menjadi bubuk, dengan warna putih kecokelatan. Pupuk dolomit juga tersedia dalam bentuk pelet, namun bentuk tersebut sedikit sulit ditemukan.

Benarkah Kapur Dolomit Menyuburkan?

Inilah jawaban untuk pertanyaan yang mungkin Anda tunggu. Dalam beberapa kasus, pupuk dolomit dikatakan kurang menyuburkan apabila Anda salah mengaplikasikannya. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut:

  • Tidak Memperhatikan Kondisi Daya Serap Tanah 

Sebelum itu, mari kenali alasan apa yang membuat Anda ingin menggunakan kapur atau pupuk dolomit? Anda mungkin menggunakan pupuk dolomit dengan alasan penyuburan tanah. 

Beberapa yang lain mungkin menggunakannya untuk mengembalikan nutrisi yang hilang akibat hujan atau alasan lain karena pH tanah terus meningkat menjadi asam. Kapur dolomit dipercaya dapat menyelesaikan masalah-masalah yang tadi disebutkan.

Memang betul dolomit efektif mengatasi masalah tersebut. Namun apabila masalah tersebut terus berulang, itu artinya tanah tidak menyerap pupuk dengan baik. Alhasil penggunaan dolomit menjadi kurang menyuburkan.

  • Penyebab Dolomit Kurang Efektif

Dolomit adalah pupuk berupa bubuk. Penaburan dolomit saat akan turun hujan adalah metode yang salah. Sebab hujan menghalangi terserapnya pupuk ke tanah. 

Selain itu, apabila dolomit terus menguap, bukan berarti Anda harus menambahkan lebih banyak dolomit untuk menutupi kekurangan tersebut. Bisa jadi disebabkan oleh daya serap tanah yang rendah.

Tanah yang sulit menyerap nutrisi dan mineral diakibatkan oleh kandungan organik dalam tanah yang sangat rendah. Apalagi jika tanah mengandung banyak pasir dan kerikil. 

Tanah yang baik untuk diberi pupuk adalah tanah dengan kandungan tanah merah atau senyawa organik yang tinggi. 

Jadi penggunaan pupuk dolomit sebaiknya diberikan pada tanah yang memiliki daya serap tinggi. Apabila kandungan dolomit terserap sempurna oleh tanah, tanaman dapat merasakan manfaat dolomit secara maksimal.

Kesalahan yang Mengurangi Efektivitas Dolomit

Kinerja dolomit akan terhambat atau bahkan membuat tanaman rentan terserang penyakit jika Anda melakukan kesalahan aplikasi. Beberapa kesalahan berikut sudah seharusnya dihindari untuk meningkatkan efektivitas dolomit:

  • Menggunakan Dosis yang Terlalu Banyak

Anda tidak disarankan untuk menggunakan dolomit dalam jumlah banyak apalagi tanpa memperhatikan anjuran dosis. 

Apabila Anda merasa dolomit yang baru ditabur terbawa angin atau hujan, tidak seharusnya Anda langsung menaburi dolomit baru di area yang terdampak. Bisa saja tanah tersebut sudah mengandung jumlah kalsium dan magnesium yang cukup tanpa Anda sadari.

Kandungan dolomit adalah kalsium dan magnesium dengan rasio 2:1. Dan tanah yang baik mengandung kalsium yang lebih tinggi ketimbang magnesium. Pupuk dolomit baru efektif jika Anda menggunakan dosis yang tepat sesuai anjuran produk. 

  • Terlalu Sering Memberikan Dolomit

Apabila dolomit terlalu banyak digunakan, tanah akan padat dengan kandungan magnesium dan kalsium, yang mana tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. Hal itu justru memicu timbulnya penyakit dan hama pada tumbuhan.

Terlepas dari itu, pemberian dolomit sebaiknya dilakukan sekali setiap beberapa tahun sekali. Atau agar lebih sesuai dengan kondisi tanah, sebaiknya penggunaan dolomit disesuaikan dengan hasil uji tanah.

Intinya, dolomit adalah pupuk yang sangat bagus sebagai sumber kalsium dan magnesium, serta mampu mengatur pH. Penggunaannya efektif menyuburkan jika Anda memperhatikan hal-hal di atas. Jadi, tak usah ragu jika Anda menggunakan dolomit saat ini juga. Anda bisa membeli dengan click website Tanami.co.id untuk melakukan pemesanan. Hubungi WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut. 

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)