Pohon Pakis Media Tanam

Pohon pakis media tanam anggrek – Media tanam anggrek dengan pohon pakis juga patut untuk Anda coba. Sebab tanaman satu ini menyimpan berbagai manfaat yang baik bagi pertumbuhan anggrek. Anggrek memiliki berbagai jenis, mulai dari anggrek tanah atau Spathoglottis plicata, anggrek ngengat atau Phalaenopsis, anggrek hitam dan masih banyak lagi.

Pada umumnya setiap tanaman, menjadikan tanah sebagai media tanam mereka, yang mampu menyalurkan kandungan berbagai nutrisi bagi tanaman untuk tumbuh. Sama halnya dengan pohon pakis media tanam anggrek, dimana Orchidaceae menjadikan pohon ini sebagai tempat baginya untuk mendapat nutrisi. Anda harus cermat dalam memilih media tanam. Sebab sarana ini cukup berperan penting agar setiap bagian tumbuhan mendapatkan kandungan nutrisinya masing-masing.

Pohon Pakis Media Tanam Anggrek, Bagian-Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

Pohon pakis dikenal hidup di dataran rendah, tepi pantai hingga lereng gunung. Suhu dingin menjadi tempat yang nyaman, bagi pohon ini untuk hidup.

Salah satu kelebihan pohon jenis paku-pakuan ini adalah, ia mampu mengapung di permukaan air namun beberapa jenis lainnya juga mampu menempel di tumbuhan lain.

  1. Batang

Bagian pertama pada pohon pakis media tanam anggrek yang bisa dimanfaatkan adalah batang, seperti kita tau bahwa batang ini memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah sebagai media tanam, sifatnya yang lunak membuat akar tanaman mudah menancap sehingga tumbuhan dapat berdiri dengan tegak.

Biasanya batang pohon ini tersedia dalam bentuk cacahan, potongan kecil atau pipih persegi. Anda tidak perlu membuat media tanam ini sendiri, sebab sudah banyak yang menjualnya.

Penggunaan sarana bagi tumbuhan ini untuk hidup juga cukup mudah, Anda bisa menyesuaikan dengan jenis bunga Orchidaceae yang dipelihara.

  1. Akar

Akar pohon pakis media tanam anggrek juga banyak digunakan, biasanya bagian ini dikenal juga dengan sebutan Moss.

Moss memiliki rongga dengan ukuran cukup besar, sehingga sirkulasi udara pada akar tanaman bisa tumbuh secara leluasa.

Biasanya sarana bagi tumbuhan untuk hidup ini digunakan pada waktu persemaian, atau ketika bunga pada tanaman akan bersemi.

Namun media tanam ini perlu digabungkan dengan media tanam lainnya, karena rongga besar yang dimilikinya membuatnya rapuh.

Dan untuk mengatasinya, Anda bisa menggabungkan akar pakis dengan media tanam lainnya, seperti tanah atau gambut.

Media Tanam Pohon Pakis untuk Anggrek Berdasarkan Jenisnya

Pakis termasuk ke dalam tumbuhan paku. Tidak pernah menghasilkan biji untuk berkembang biak, namun tetap bisa bertahan hidup meski hanya tertinggal satu tunas saja. Pohon pakis dan tanah, kedua tempat bagi tanaman untuk tumbuh. Jika digabungkan mampu mengandung banyak unsur hara, yang akan bermanfaat bagi tanaman tersebut. 

  1. Pakis Cacah 

Pohon pakis media tanam anggrek bisa ditemukan dalam bentuk cacahan atau dirajang kasar, media tanam ini sudah sering digunakan pada bunga anggrek.

Penggunaannya bisa dicampur dengan arang atau pupuk, lalu diletakkan di wadah tanam seperti pot atau wadah lainnya, media ini mampu merangsang pertumbuhan tunas baru.

Anda bisa menemukannya dengan mudah pada toko tanaman baik secara online maupun offline, perhatikan kualitas dari jenis cacahan yang Anda beli sebelum menggunakannya.

Beberapa jenis bunga juga bisa menggunakan jenis cacahan, seperti tanaman karnivora, yaitu venus flytrap, drosera, nepenthes ataupun pinguicula.

  1. Pakis Lempeng

Media tanam anggrek juga tersedia dalam bentuk lempengan, biasanya jenis lempengan digunakan pada jenis bunga anggrek yang menempel pada pohon.

Pakis lempeng ini berasal dari batang pohon pakis yang sudah tua, lalu dirajang atau dicacah sampai bentuknya mengecil.

Penggunaan jenis lempengan ini dinilai sangat cocok bagi jenis Orchidaceae, seperti jenis Anggrek Bulan, Dendrobium dan lainnya.

Dalam memanfaatkan pakis sebagai media tanam anggrek, Anda juga harus tetap memperhatikan cara Anda merawat bunga tersebut, agar bisa tumbuh dengan sempurna.  Untuk pembeliannya, Anda bisa membelinya secara online baik itu melalui market place atau website yang disediakan di tanami.co.id atau di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)