Media Tanam Cocopeat

Jika anda ingin menanam tanaman, tentunya anda membutuhkan media tanam yang baik. Nah, memilih media tanam juga perlu analisis dan pertimbangan yang matang. Tentunya anda tidak ingin salah memilih media tanam, bukan? Diantara banyaknya media yang ada, cocopeat dan sekam bakar termasuk ke dalam favorit.

Di telinga para pecinta tanaman, mungkin anda tidak asing lagi dengan kedua jenis media tanam ini. Namun apa anda mengetahui apa saja perbedaan diantara kedua media tanam tersebut. Atau apakah anda bingung ingin memilih mana yang harus anda pakai sebagai media tanam pilihan anda? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Media Tanam Cocopeat?

Sebagai sesame media tanam jenis hidroponik. Buat anda yang kurang mengerti, tanaman hidroponik adalah tanaman yang dapat tumbuh atau sengaja ditumbuh kembangkan tanpa menggunakan media tanah. Tentunya anda sering melihat tanah menjadi media tanam tumbuhan, bukan? 

Berbeda dengan itu, media tanam hidroponik adalah media tanam yang biasa digunakan untuk menumbuhkan akar. Sebenarnya ada banyak media tanam hidroponik yang ada. 

Namun, dari semua itu, media tanam cocopeat dan sekam bakar termasuk ke media tanam populer yang memang mempunyai perbedaan yang jelas dari asal usul mereka.

Media tanam cocopeat terbuat dari serbuk serut kelapa. Cara pembuatannya adalah dengan menyerut atau menggerus kelapa yang sudah tua. Sifatnya yang organic membuat cocopeat ini menjadi tanaman yang ramah lingkungan.

Apa Itu Media Tanam Sekam Bakar?

Selain media tanam cocopeat, media tanam populer yang dapat anda gunakan selanjutnya adalah media tanam sekam bakar. Jika anda ingin mengetahui perbedaan antara media tanam cocopeat dan sekam bakar, anda tentunya perlu tahu terlebih dahulu perbedaan asal usul mereka.

Jika cocopeat terbuat dari kelapa, maka sekam bakar terbuat dari kulit sekam padi yang sudah melalui proses penyuaian dan pembakaran. Pembakaran yang dilakukan oleh sekam bakar inilah yang menghilangkan zat-zat berbahaya dari sekam tersebut.

Perbedaan Media Tanam Cocopeat dan Sekam Bakar

Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan dari kedua media tanam ini yang bisa anda jadikan referensi dan analisis akan media tanam mana yang cocok denganmu.

1. Penyerapan Air

Tentunya sebagai tanaman hidroponik, tanaman anda membutuhkan air yang cukup. Nah, dalam hal penyerapan air ini, media tanam cocopeat lebih dapat anda andalkan dibanding dengan media tanam sekam bakar.

Hal ini karena cocopeat mampu menyimpan nutrisi dan air karena pada dasarnya kelapa dapat lebih mudah menyerap air. Tentunya hal ini cocopeat mampu membuat tanaman tidak mudah layu karena kekurangan air.

Sementara sekam bakar tidak memiliki bagian seperti spons sehingga tidak memiliki kemampuan menyerap air sebaik cocopeat. Maka dari itu, media tanam sekam bakar harus lebih sering disiram karena media tanamnya yang cepat kering.

2. Aerasi

Penambahan oksigen atau udara yang berguna untuk tanaman. Nah, perbedaan yang ada pada media tanam cocopeat dan sekam bakar untuk bagian aerasi juga cukup signifikan.

Karena cocopeat menyerap air lebih cepat, maka ruang yang tersedia untuk udara pun sedikit dan tingkat aerasi semakin rendah. Kebalikannya, media tanam sekam bakar lebih banyak menyimpan udara karena dia tidak mudah untuk menyerap air.

Media Tanam Mana yang Menjadi Pilihanmu?

Seperti itulah penjelasan tentang media tanam cocopeat dan sekam bakar. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan mengunjungi Tanami.co.id. Disini tersedia banyak pilihan media tanam, loh. Jadi Anda bisa memilih kira-kira media mana yang cocok untuk tumbuhan Anda. WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut. Semoga Membantu!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)