Fungsi Kapur Dolomit untuk Pertanian

Fungsi kapur dolomit untuk pertanian – Pada dasarnya, kapur dolomit adalah batu yang menyimpan kadar kalsium dan magnesium. Fungsi kapur dolomit diakui dapat menyediakan nutrisi yang berlimpah serta mengatur pH pada tanah.

Kemampuannya dalam menutrisi tanah itu berasal dari kandungan dolomit, yaitu kalsium sebanyak 17%-22% dan magnesium 8%-12%. Tidak hanya itu, dolomit mempunyai beragam fungsi esensial lainnya. Apa saja fungsinya? Inilah pembahasannya.

Apa Saja Fungsi Kapur Dolomit?

Fungsi Kapur dolomit untuk pertanian – Dolomit banyak digunakan untuk mengolah tanah. Kandungan mineral di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan kualitas tanah. 

Tanah mempunyai peran yang sangat penting. Tanah yang kurang mengandung unsur hara akan menghambat pertumbuhan tanaman. Adapun beberapa fungsi utama dolomit adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan pH Tanah

Fungsi dolomit yang pertama adalah kemampuannya dalam mengatur pH tanah. Namun sebelum menaburkan pupuk dolomit, sebaiknya Anda melakukan tes kondisi pH tanah dengan alat yang dijual bebas.

Sesuaikan tingkat keasaman tanah dengan kebutuhan tanaman. Beberapa jenis tanaman menyukai tanah dengan pH antara 5,9 ke bawah. Ada juga tanaman yang tumbuh optimal pada pH 6 hingga 7,4.

  • Menetralkan Tanah yang Terlalu Asam

Kapur dolomit mengandung magnesium yang tinggi. Ditambah lagi dengan beberapa mineral lainnya yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Magnesium berperan untuk menetralkan tanah, terutama jika pH tanah terlalu tinggi. Tanah yang sifatnya asam tidak ideal apabila dijadikan tempat untuk menanam beberapa jenis tanaman.

  • Mendorong Pertumbuhan Tanaman

Kandungan kalsium dalam kapur dolomit dibutuhkan oleh beberapa jenis tanaman untuk tumbuh. Salah satunya tanaman sayur yang berisi banyak biji di dalamnya, misalnya tomat. Tomat membutuhkan kandungan kalsium selama proses pertumbuhan. 

Oleh karenanya, pupuk dolomit merupakan pupuk yang tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

  • Memberikan Produktivitas pada Tanah yang Tidak Subur

Selain menetralkan kandungan dalam tanah, fungsi kapur dolomit berikutnya berasal dari kandungan magnesium. Magnesium dinilai dapat memulihkan produktivitas tanah yang ‘mati’. 

Kandungan kalsium juga mampu mengikat unsur hara sehingga dapat disalurkan dan diserap oleh akar tanaman.

  • Melancarkan Pertumbuhan Akar

Mikroorganisme tanah berperan dalam pembentukan pori-pori tanah. Seperti yang diketahui, tanah perlu dilakukan penggemburan beberapa waktu sekali. Tujuannya untuk mencegah tanah terlalu padat. 

Tanah yang minim pori-pori berpengaruh pada pertumbuhan akar. Sebab akar terhalang oleh dinding tanah yang padat sehingga sulit berkembang secara optimal.

  • Mendorong Pertumbuhan Mikroorganisme Tanah

Tanah yang dicampur dengan kapur dolomit mengandung nutrisi yang banyak. Tanah yang mengandung banyak nutrisi akan mengundang sejumlah mikroorganisme untuk tumbuh di tanah tersebut.

Di atas adalah beberapa fungsi kapur dolomit yang wajib diketahui. Namun fungsi di atas tidak akan menunjukkan hasil yang optimal jika metode aplikasi yang digunakan salah.

Tips Menggunakan Pupuk Dolomit

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami sebelum menggunakan pupuk dolomit, diantaranya:

  • Pemupukan Dilakukan Saat Hari Cerah

Yang pertama, penaburan bubuk kapur dolomit sebaiknya dilakukan saat pengolahan lahan atau sebelum ditanami bibit. 

Untuk mengurangi jumlah pupuk yang terbuang atau tidak meresap ke tanah, sebaiknya pemupukan dilakukan ketika cuaca cerah dan tidak berangin. Dengan begitu pupuk tidak mudah terbawa angin atau air sebelum meresap ke tanah.

  • Campurkan pada Tanah untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman

Yang kedua, Anda juga bisa mencampurkan pupuk dolomit pada tanah yang digunakan sebagai media pertumbuhan. 

Kalsium dikenal dapat mencegah kebusukan dan beberapa penyakit tanaman lainnya. Pertumbuhan beberapa jenis benih tanaman sayur dapat didorong oleh kandungan dalam pupuk dolomit.

Fungsi kapur dolomit banyak sekali ragamnya. Namun yang paling utama adalah mengatur pH tanah. Anda bisa mendapatkan pupuk dolomit pada toko pertanian atau di tanami.co.id atau di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut dan apabila ingin lahan Anda menghasilkan panen yang berkualitas.

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)