Media Tanam Pakis untuk Anggrek

Media tanam pakis untuk anggrek, media tanam pakis tentunya memegang peranan penting dalam menjaga nutrisi utama, seperti Nitrogen, Kalsium, Oksigen dan lainnya pada tanaman tersebut.

Nantinya nutrisi yang sudah diserap oleh tanaman, akan membantu proses tumbuh tanaman itu sendiri, setiap tanaman tentunya membutuhkan media tanam berbeda-beda.

Seperti halnya anggrek, jenis tumbuhan berbunga ini bisa menggunakan media tanam berbeda-beda, mulai dari pupuk, serbuk gergaji, pecahan genteng dan lainnya. 

Media tanam pakis untuk anggrek juga menjadi salah satu sarana bagi tumbuhan, yang paling banyak digunakan oleh para pecinta bunga anggrek.

Meskipun tanaman pakis tidak mudah ditemukan, namun media ini dinilai mampu membuat bunga anggrek lebih cepat tumbuh dengan sehat.

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui, apa saja manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan jenis paku-pakuan tersebut yang bermanfaat bagi bunga anggrek, kami akan menjelaskannya.

5 Manfaat Media Tanam Pakis untuk Anggrek

Tanah sebenarnya menjadi media tanam utama, ketika kita menanam suatu jenis tumbuhan. Namun saat ini, tersedia berbagai media tanam, yang dapat menjadi alternatif bagi tumbuhan.

Bagi Anda yang belum menemukan media yang tepat, untuk menanam bunga anggrek, maka pakis bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai manfaatnya. 

  1. Memaksimalkan Kebutuhan Air dan Oksigen bagi Anggrek

Media tanam pakis untuk anggrek mampu memaksimalkan kebutuhan air dan oksigen, kedua hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh setiap tumbuhan.

Tanpa keduanya, mereka tidak dapat melakukan fotosintetis ataupun bertahan hidup. Setiap tumbuhan juga memiliki lingkungan hidup yang berbeda, sehingga tidak bisa disamakan.

Pakis memiliki rongga-rongga, sehingga proses aerasi draenasi pada tumbuhan jenis paku-pakuan ini cukup baik, selain itu pakis juga memiliki kemampuan menyimpan air dengan baik. 

Sehingga daya lapuk bagi jenis media tanam ini relatif lebih rendah, yang membuat Anda tidak perlu sering-sering menggantinya.

  1. Membuat Tanaman Anggrek Mudah Tumbuh

Memilih media tanam memang tidak mudah, sebab Anda harus membuat tumbuhan menjadi hidup, layaknya mereka sedang berada di habitat aslinya.

Anggrek menjadi salah satu tanaman yang tidak mudah tumbuh atau berbunga. Karena memang habitat asli mereka kebanyakan ditemukan di hutan-hutan tropis Indonesia.

Sebagian bunga biasanya lebih banyak ditemukan di atas tanah. Namun tidak dengan bunga anggrek, mayoritas jenisnya lebih banyak ditemukan menempel di batang pohon atau inangnya.

Itulah yang membuat bunga ini spesial, namun sekaligus tricky. Karena Anda harus menemukan media tanam yang sesuai untuk mereka berkembang dan bertumbuh.

  1. Menambah Nutrisi bagi Tanaman

Tentu saja media tanam pakis untuk anggrek mampu mengalirkan nutrisi bagi tumbuhan. Karena itulah pakis dianggap sangat cocok bagi tumbuhan bernama Orchidaceae tersebut.

Tanpa adanya nutrisi yang mengalir ke tumbuhan, tentu saja tumbuhan akan cepat layu dan tidak mampu menghasilkan buah atau bunga.

Pakis sebagai media tanam bagi mereka untuk hidup. Tentunya mampu mengalirkan nutrisi serta mengandung unsur hara yang menjadi suplemen tambahan bagi tanaman.

Tekstur tanaman paku-pakuan ini juga cukup lunak, sehingga memudahkan akar tanaman tumbuh dengan leluasa. 

  1. Sebagai Sarana Penyimpanan Zat Berbahaya bagi Hama

Media tanam pakis untuk anggrek juga mampu menjadi sarana penyimpanan zat berbahaya bagi tanaman, seperti fungisida, pestisida, insektisida dan lainnya.

Zat-zat berbahaya tersebut dapat disimpan dengan baik, karena tanaman paku-pakuan ini mampu menyimpan cairan dalam waktu lama, sehingga ramah bagi bunga anggrek.

Penggunaan cairan berbahaya tersebut jika diberikan secara berlebihan, bisa membuat tanaman menjadi rusak atau tumbuh secara tidak normal.

  1. Dapat Mengalirkan Air yang Berlebihan

Tidak perlu khawatir, jika Anda tidak sengaja menyiram tanaman secara berlebihan, sebab mampu menyerap air berlebih. Pakis memiliki kemampuan menyerap cadangan air dalam waktu lama, selain itu drainase pada tumbuhan jenis paku-pakuan ini terbilang cukup baik.

Menyiram air secara berlebihan pada tanaman, bisa membuat tanaman menjadi berjamur dan berakhir dengan membusuk.

Maka dari itu perhatikan kembali perawatan pada tanaman yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan media tanam pakis untuk anggrek untuk membuatnya tumbuh subur. Hubungi kami di tanami.co.id atau di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)