Jual Cocopeat di Medan

Jika Anda tertarik berkebun dengan metode hidroponik, maka cocopeat dapat dijadikan media tanam yang menunjang keberhasilan panen. Mendapatkan cocopeat sangat mudah karena tempat jual cocopeat di Medan menawarkan produk siap pakai yang berkualitas dengan harga terjangkau. 

Mengapa Cocopeat Bagus untuk Metode Hidroponik? 

Cocopeat atau disebut juga dengan moss merupakan media tanam berwujud serbuk halus yang diproduksi dari serabut kelapa. Umumnya, buah kelapa yang sudah tua dipilih untuk digiling menjadi cocopeat. Banyak petani hidroponik yang memanfaatkan cocopeat sebagai media tanam.

Anda dapat dengan mudah menanam berbagai tumbuhan seperti selada, kangkung, pakcoy, seledri, tomat, paprika dan melon karena nilai pH cocopeat ideal untuk hampir semua jenis tanaman hidroponik. 

Berikut 5 keistimewaan yang menjadi alasan cocopeat bagus untuk berkebun secara hidroponik: 

  1. Penahan Air yang Sangat Baik

Hidroponik merupakan metode yang memanfaatkan air untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Memutuskan untuk memilih cocopeat sangatlah tepat karena media tanam ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan air. 

Seperti halnya spons, cocopeat sangat mudah mengikat air dalam waktu lama sebanyak 73% dari total yang diserap. Hal ini tentu mendukung pertumbuhan tanaman hidroponik secara maksimal. Bahkan cocopeat yang kering akan kembali basah dengan cepat setelah ditambah air. 

  1. Daya Serap yang Tinggi

Tidak hanya mengikat air, kemampuan cocopeat untuk menyerap air sangatlah tinggi. Tingkat daya serapnya antara 8 hingga 9 kali beratnya. Hal ini terjadi karena cocopeat memiliki sifat hidrofilik yakni suka dengan air. 

Saat menggunakan cocopeat, maka pemberian air sebaiknya tidak terlalu banyak. Lakukanlah sedikit demi sedikit untuk memastikan kebutuhan air tidak kurang. Memberikan air secara berlebihan akan meningkatkan risiko pembusukan pada akar. 

  1. Mampu Menyimpan Lebih Banyak Oksigen

Selain air, asupan oksigen juga berkontribusi secara signifikan untuk pertumbuhan tanaman hidroponik. Pilihan tepat jika menggunakan cocopeat karena mampu menyimpan oksigen sampai dengan 50%. Persentasenya bahkan lebih tinggi dibandingkan kemampuan daya ikat tanah. 

  1. Mengandung Unsur Hara

Bukan tanpa alasan cocopeat dipilih sebagai media tanam. Serbuk sabut kelapa ini mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh subur. Kelebihan ini membuat Anda bisa menghemat pupuk sehingga tidak perlu khawatir tanaman akan kekurangan nutrisi.

  1. Ramah Lingkungan dan Harga Terjangkau 

Perlu diketahui bahwa cocopeat merupakan media tanam yang ramah lingkungan. Pemanfaatanya bahkan bisa diulang hingga 3 kali pemakaian, asalkan selalu dibersihkan setiap kali akan digunakan kembali. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan cocopeat di pasaran dengan harga yang murah. Umumnya, tempat jual cocopeat di Medan menyediakan media tanam ini dalam bentuk curah dan balok. Berat 1 kg cocopeat bentuk balok setara dengan sekitar 1,5 kg cocopeat curah. 

Cara Pemakaian Cocopeat sebagai Media Tanam Hidroponik

Sebagai media tanam, cocopeat dapat dimanfaatkan tanpa campuran lain atau dicampur dengan jenis media lain yang saling mendukung. Pencampuran media tanam yang tidak pas justru akan berisiko membuat tanaman layu dan mati. 

Lalu, campuran apa saja yang disarankan untuk cocopeat? Jika Anda sudah mendapatkan cocopeat dari tempat jual cocopeat di Medan, maka pertimbangkan juga untuk membeli media tanam lain seperti pasir, sekam, pakis atau kompos. 

Anda boleh mencampurkan cocopeat dengan pasir, sekam bakar dan pakis dengan perbandingan yang sama rata. Selain itu, pencampuran antara cocopeat dengan pasir saja atau dengan sekam saja pun boleh. 

Selanjutnya, disarankan juga untuk mencampur cocopeat dengan sekam, kompos dan pakis menggunakan angka perbandingan yang sama. Ketika sudah ditanami tumbuhan hidroponik, hindari pemberian air yang terlalu banyak dan sering karena berpeluang tinggi mengakibatkan busuk akar.  

—-

Cocopeat memang media tanam yang cocok untuk metode hidroponik. Selain bagus dalam menahan air, media ini bersifat ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan berulang kali. Anda bisa dengan mudah menemukan cocopeat melalui tempat jual cocopeat di Medan yang terpercaya.  Hubungi kami di tanami.co.id atau di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)