Jual Cocopeat di Solo

Dekorasi rumah dari tanaman hias aglonema banyak digemari karena lebih cantik dan segar. Agar aglaonema dapat tumbuh dengan sempurna, perlu media tanam cocopeat yang mampu memberikan kelembaban yang tinggi. Anda bisa mendapatkannya dari tempat jual cocopeat di Solo terpercaya.   

Kelebihan Menggunakan Cocopeat untuk Aglaonema 

Pemanfaatan cocopeat sebagai media tanam memang tidak terbatas pada jenis tumbuhan tertentu saja. Memiliki nilai pH yang ideal menjadikan cocopeat alias sabut kelapa cocok dijadikan tempat tumbuh bagi sebagian besar jenis tanaman, termasuk aglaonema.

Berikut 4 kelebihan cocopeat sebagai media tanam untuk aglaonema: 

  1. Menjaga Kesegaran Daun

Aglonema merupakan tanaman hias daun yang sering dipilih untuk menghias teras rumah. Daya tarik dari tanaman ini adalah serat daun yang berwarna cerah dan memiliki motif yang beragam. Memilih cocopeat merupakan keputusan terbaik karena media tanam ini bersifat layaknya spons. 

Kemampuan cocopeat untuk menyerap dan menahan air sangat bagus sehingga mampu menjaga kelembaban dan kesegaran aglonema. Terlebih, aglonema memang tanaman hias yang tumbuh dengan baik dalam kelembaban yang  tinggi. 

  1. Menutrisi Tanaman dengan Baik 

Cocopeat terbuat dari sabut kelapa yang ternyata menyimpan unsur hara yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Bahkan terdapat zat yang berfungsi sebagai pupuk alami sehingga Anda bisa menghemat penggunaan pupuk dari luar. 

Aglaonema yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka bagian daunnya akan tumbuh subur, berwarna cantik dan tidak berlubang. 

  1. Mencegah Penyakit Busuk Akar 

Penyakit busuk akar yang kerap menyerang aglaonema menjadikan tanaman hias ini layu, memiliki daun yang menguning dan batang yang loyo. Lama kelamaan, tanaman ini pun akan mati. Pencegahan dapat dilakukan dengan memilih cocopeat sebagai media tanamnya. 

Cocopeat mengandung jamur antagonis yang berkontribusi untuk menurunkan risiko tanaman terkena penyakit. Dengan begitu, aglonema selalu terlihat segar.  

  1. Mudah Didapatkan 

Kelebihan lain dari cocopeat yakni mudah didapatkan. Anda bisa mengumpulkan sisa-sisa kulit kelapa yang sabutnya masih ada kemudian mengolahnya sendiri di rumah. Pemanfaatan kembali buah kelapa ini menjadikan cocopeat sebagai media tanam yang ramah lingkungan. 

Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda cukup mendatangi tempat jual cocopeat di Solo yang sudah siap pakai. 

Cara Memanfaatkan Cocopeat untuk Tanaman Hias Aglonema

Cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam sedikit berbeda dengan tanah. Secara umum, terdapat 4 proses sebelum cocopeat siap ditanami aglonema. Berikut penjelasannya: 

  1. Proses Pengumpulan Sabut

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan sabut kelapa. Syaratnya, sabut yang dipakai harus berasal dari kelapa yang sudah tua. Banyaknya sabut sesuai kebutuhan penanaman.

  1. Proses Perendaman Sabut

Selanjutnya, sabut perlu direndam untuk menghilangkan zat yang tidak dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman. Proses perendaman dilakukan dua kali, pertama menggunakan air bersih selama 6 jam kemudian dilanjut dengan perendaman dalam air yang dicampur fungisida. 

  1. Proses Pengeringan Sabut

Setelah bersih dari zat berbahaya, sabut harus dikeringkan. Sabut yang masih basah tidak bagus digunakan sebagai media tanam. Proses pengeringan tergantung banyaknya sabut, namun pastikan kadar airnya antara 10 – 15% dari berat totalnya. 

  1. Proses Penghalusan Sabut 

Selanjutnya, sabut kelapa perlu dihaluskan sehingga wujudnya berubah menjadi serbuk halus. Penghalusan sabut dilakukan menggunakan mesin penggiling. Namun jika Anda membuat sendiri di rumah, penghalusan dapat menggunakan alat parut. 

  1. Proses Penanaman

Terakhir, cocopeat yang sudah berbentuk serbuk halus siap dimasukkan ke dalam pot sebagai media tanam aglaonema. Jenis media lain yang bagus dijadikan campuran yakni tanah, sekam bakar, pakis dan pupuk. 

Keuntungan Membeli di Tempat Jual Cocopeat di Solo 

Membuat cocopeat sendiri terkesan mudah karena bahannya melimpah dan prosesnya sederhana. Namun, kualitas cocopeat belum tentu terjamin bagus. Jika Anda memilih untuk mendapatkan produk cocopeat di tempat jual cocopeat di Solo, maka tidak perlu mengkhawatirkan kualitas. 

Cocopeat sudah siap pakai sebagai media tanam aglaonema yang menawarkan banyak kelebihan. Terlebih, harga sabut kelapa ini relatif terjangkau. 

Sudah semakin mantap menanam aglaonema dalam cocopeat, bukan? Bagi pemula sekalipun, cocopeat merupakan pilihan terbaik karena mudah diaplikasikan tanpa perlu perawatan awal yang ribet. Hubungi kami di tanami.co.id atau di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas) untuk informasi lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)