Jenis Media Tanam Hidroponik yang Mudah Didapat

Jenis media tanam hidroponik yang mudah didapat – Ada beberapa jenis media tanam hidroponik terbaik yang mudah untuk Anda dapatkan. Banyak yang mengatakan, bahwa hidroponik sering kali dianggap sebagai sebuah sistem pertanian masa depan.

Media hidroponik ini tidak perlu membutuhkan tanah. Maka dari itu, budidaya tanaman ini bisa menjadi solusi tepat untuk para petani apabila tidak memiliki lahan luas dan hanya memiliki lahan sempit. Selain itu, terdapat berbagai macam media yang dapat digunakan untuk menanam tanaman hidroponik ini. Untuk mencarinya juga cukup mudah. Tidak heran, banyak petani lebih menyukai membudidayakan tanaman jenis ini.

Beberapa Jenis Media Tanam Hidroponik

Apabila Anda tidak memiliki lahan cukup luas namun ingin bercocok tanam. Anda dapat memilih untuk membudidayakan tanaman hidroponik. Ada beberapa jenis media yang dapat Anda gunakan 

  1. Cocopeat atau sabut kelapa

Pertama ada sabut kelapa. Jenis media satu ini sering kali digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik. Di luar negeri sering disebut coir dust, coir pith atau coir fiber pith.

Terbuat dari sabut kelapa dihaluskan menjadi serbuk. Bentuknya sendiri menyerupai serbuk kayu hasil dari gergaji, tetapi yang ini lebih lembut dari itu. Cocopeat sering digunakan untuk tanaman hidroponik.

Hal itu disebabkan karena sabut kelapa mempunyai kemampuan yang tinggi dalam menyerap air. Biasanya cocopeat digunakan bersama dengan arang sekam. Dengan perbandingan 50 banding 50.

Pencampuran itu bertujuan agar dapat meningkatkan oksigen. Unsur kimia itu mempengaruhi pertumbuhan akar dan juga tingkat aerasi. Maka dari itu, tidak heran bahwa sabut kelapa ini menjadi media tanaman favorit.

  1. Rockwool 

Jenis media tanam hidroponik selanjutnya adalah Rockwool. Rockwool sendiri ialah sekumpulan serat yang terbuat dari lelehan batu gunung berapi. Antara lain seperti batu basalt. Rockwool memiliki bentuk busa.

Kelebihan Rockwool adalah ramah lingkungan. Namun kelemahannya memiliki pH tinggi dan juga perlu direndam. Serat dan juga debunya sangat berbahaya bagi hidung, mata serta paru-paru manusia.

  1. Kapas

Media tanam hidroponik yang satu ini tentu semua tidak asing lagi. kapas ini digunakan pada saat penyemaian benih sebelum pindah tanam. Kapas mempunyai kemampuan dalam menyerap air sangat tinggi.

Hal itu menyebabkan kapas sangat cocok bila digunakan pada sistem hiroponik. Sebab sistem hidroponik membutuhkan penyerapan nutrisi yang tinggi. Selain itu kapas juga mudah didapat, hal itu tentu sangat memudahkan.

  1. Krikil

Tidak hanya kapas saja, krikil juga merupakan media tanam hidroponik yang mudah didapat. Krikil sering digunakan untuk tanaman hias yang biasa berada di dalam ruangan.

Bahkan seperti diketahui, krikil sering dicat warna-warni untuk mempercantik tampilan. Krikil juga mempunyai banyak pori, sehingga dapat membantu mengedarkan udara dan unsur hara pada tanaman.

Adanya pori-pori itu juga dapat membuat akar tumbuh dengan baik. Namun, walaupun begitu krikil susah mengikat air. Jadi apabila menggunakan media ini, Anda wajib rajin menyiram tanaman.

  1. Arang sekam

Media tanam hidroponik berikutnya ada arang sekam. Ada beberapa tanaman yang cocok dengan arang sekam. Antara lain seperti paprika, timun dan juga tomat. Media ini sangat mudah sekali untuk ditemukan, harganya juga terjangkau.

Selain itu mempunyai kemampuan dalam mengikat air yang sangat bagus dan juga ramah lingkungan. Namun sayangnya, media ini jarang sekali diperjualbelikan, sehingga para petani biasanya membuat sendiri.

  1. Spons

Jenis media tanam hidroponik terakhir yang mudah didapat adalah spons. Spons biasa digunakan untuk menyemai tanaman. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki media spons. Antara lain mudah dipindahkan.

Mampu menyimpan dan juga menyerap air dalam jumlah banyak. Serta mampu mengalirkan nutrisi ke akar, karena besarnya pori-pori. Namun sayangnya spons mudah hancur dan juga kurang efisien.

Bagi Anda yang ingin mulai membudidayakan jenis tanaman hidroponik. Anda perlu mengetahui apa saja jenis media tanam hidroponik yang bisa digunakan dan juga mudah untuk didapatkan. Anda dapat membeli produk media tanam hidroponik di tanami.co.id atau hubungi kami di WhatsApp berikut: (MariaArumingtyas). Semoga artikel ini bermanfaat!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)