Jual Cocopeat Sabah

Jual Cocopeat Sabah- Bercocok tanam tidak harus menggunakan tanah karena tersedia alternatif lain yang berkualitas, salah satunya cocopeat. Sangat mudah menemukan cocopeat di negara tropis seperti Indonesia. Selain membuat sendiri, pilihan lebih praktisnya adalah mengandalkan tempat jual cocopeat Sabah.  

Cocopeat Terbuat dari Apa? 

Pemilihan media tanam sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman sehingga penting untuk menggunakan yang terbaik. Cocopeat merupakan media tanam bersifat organik yang dapat Anda gunakan tanpa atau dengan media lain seperti tanah sebagai campuran. 

Cocopeat terbuat dari serat tempurung kelapa yang melalui proses ekstraksi. Bentuk cocopeat tidak lagi berupa sabut kelapa kasar, tetapi sudah dihaluskan sehingga memiliki tekstur yang menyerupai tanah. Media tanah organik ini juga sering disebut dengan debu sabut atau serabut gambut. 

Umumnya, proses pembuatan cocopeat dimulai dari memotong sabut kelapa agar lebih pendek kemudian menggiling dalam mixer hingga halus. Nantinya, serbuk dan serat akan dipisahkan dilanjut dengan pembersihan sekam kelapa untuk menghilangkan zat-zat berbahaya bagi tanaman. 

Kelebihan Cocopeat Dibandingkan Media Tanam Lain 

  1. Bersifat Ramah Lingkungan 

Keunggulan cocopeat yang langsung dapat ditebak adalah bersifat ramah lingkungan. Media tanam ini didapat dari sisa-sisa bagian dari tanaman yakni serabut kelapa yang dimanfaatkan kembali dengan pengolahan yang benar. 

Dengan mengubah wujudnya menjadi serbuk halus, maka kebermanfaatan sisa tanaman ini terus berlanjut. Serabut kelapa bisa didapat dari limbah industri atau memang sengaja dikumpulkan untuk diproduksi sebagai media tanam. 

  1. Memiliki pH yang Ideal untuk Tanaman

Perlu diketahui bahwa rendah tingginya pH berpengaruh pada kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi. Jika terlalu rendah antara 3 – 5, maka kemungkinan menghambat pertumbuhan karena munculnya jamur sumber penyakit.

Keputusan tepat menggunakan cocopeat yang memiliki pH yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman yakni antara 5,8 hingga 6,8.  

  1. Mengandung Cukup Banyak Oksigen

Sebagai media tanam bersifat organik, wajar apabila cocopeat mengandung oksigen yang cukup banyak. Kandungan oksigen yang mencukupi dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh akar. Nutrisi tersebut akan masuk ke dalam sel akar dan membuat tanaman menjadi lebih besar. 

Alasan inilah yang membuat cocopeat cocok untuk tanaman buah dan sayur. Oksigen dan pH yang ideal mampu menghasilkan buah yang banyak dan sayur segar anti penyakit. 

  1. Cocok untuk Pemula 

Menyiapkan media tanam yang ideal dan berkualitas kerap menjadi masalah bagi para pemula. Jika Anda termasuk salah satunya, maka cocopeat merupakan pilihan terbaik. Media tanam organik ini sangat mudah digunakan tanpa membutuhkan penanganan khusus di awal. 

Anda dapat menggunakan cocopeat secara mandiri atau mencampurkannya dengan jenis media lain. Ketika memilih untuk mencampurkan, komposisi yang bisa ditiru yakni 30% kompos organik, 30% tanah, 20% cocopeat dan 20% serbuk kayu. 

  1. Mampu Menyerap Air secara Optimal  

Hasil pengolahan sabut kelapa yang disebut dengan cocopeat memiliki sifat layaknya spons. Alhasil, cocopeat mampu menyerap dan menyimpan air dalam kadar yang lebih banyak untuk menunjang pertumbuhan tanaman. 

Mengapa Harus Mendapatkan Cocopeat di Jual Cocopeat Sabah? 

Membuat cocopeat memang terkesan mudah, namun mendapatkannya langsung dari tempat jual cocopeat Sabah akan lebih menguntungkan Anda karena kualitasnya terjamin. Bahan yang digunakan hanya sabut kelapa berkualitas dan pengolahan dilakukan secara tepat. 

Anda perlu hati-hati terhadap cocopeat yang berkualitas buruk. Media tanam tersebut dapat dikatakan belum layak pakai karena masih mengandung sisa-sisa tanin atau garam yang perlu dibersihkan berulang kali agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman.  

Pasti sudah semakin siap untuk memulai bercocok tanam, bukan? Pastikan Anda memperoleh cocopeat berkualitas terbaik dari jual cocopeat Sabah yang terpercaya. Menanam sayur maupun buah akan berpeluang besar untuk memanen hasil yang banyak, segar serta bebas ulat. Jika ada yang ingin Anda konsultasikan, silakan mengunjungi kantor pusat Tanami di daerah Cirebon, Jawa Barat atau hubungi kami di WhatsApp berikut: (Maria Arumingtyas) Email: info@indonesiacocopeat.com

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)