Pupuk Sekam Bakar dan Manfaatnya untuk Media Tanam

Pupuk Sekam Bakar dan Manfaatnya untuk Media Tanam- Pupuk sekam bakar untuk media tanam. Menanam tanaman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, pernahkah Anda menemui kesulitan karena tanah tidak gembur? Tanah yang kurang menggembur dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Akan tetapi, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut menggunakan pupuk sekam bakar.


Sebelum memahami lebih jauh apa itu sekam bakar, Anda perlu mengenal sekam itu sendiri. Pernahkah Anda melihat proses penggilingan padi? Proses penggilingan padi bertujuan mengolah gabah menjadi beras. Penggilingan padi menghasilkan produk sampingan berupa sekam dan bekatul.

Apa Itu Pupuk Sekam Bakar?


Sekam merupakan bagian terluar bulir padi yang membungkus bekatul. Orang sering memanfaatkan bekatul sering sebagai pakan ternak. Sementara sekam sering dibiarkan atau dibuang begitu saja ke lingkungan sehingga menjadi limbah dan mencemari lingkungan. Anda bisa memanfaatkan sekam tersebut dengan mengolahnya menjadi media tanam.  
Apa itu sekam bakar? Sekam bakar merupakan hasil pembakaran sekam padi dalam kuali tanah atau di atas tungku pembakaran dalam jangka waktu tertentu hingga sekam berwarna hitam.


Warna hitam berasal dari pembakaran yang tidak sempurna karena adanya penyiraman air terhadap bara sekam dengan air sebelum bara menjadi abu. Hasil pembakaran tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk sehingga disebut sebagai pupuk sekam bakar.

Memanfaatkan Sekam Bakar sebagai Pupuk

Anda perlu mengingat bahwa semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan, memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, saat memutuskan menanam tanaman maka Anda harus memastikan media tanam yang Anda pilih mengandung nutrisi yang cukup.Tanah merupakan media tanam yang penting bagi tumbuhan.  Namun, tidak semua tanah bersifat subur dan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh optimal.

Tumbuhan juga memerlukan tanah dengan struktur gembur. Tanah gembur memiliki rongga sebagai tempat nutrisi, air, dan udara. Apabila tanah yang Anda gunakan kurang gembur, maka Anda harus mengolahnya supaya menjadi gembur. Salah satu cara untuk menggemburkan tanah adalah dengan memberikan pupuk.

Pupuk Sekam Bakar dan Manfaatnya untuk Media Tanam- Berikut ini manfaat pupuk sekam bakar sebagai media tanam:
1. Memperbaiki Struktur Tanah
Pupuk sekam bakar dapat memperbaiki kualitas tanah karena pengaplikasian pada tanah bisa menggemburkan tanah dengan cara memperbaiki porositas tanah. Akibatnya, tanah memiliki rongga udara yang cukup sebagai tempat unsur hara, air, dan udara.
2. Mengikat Unsur Hara
Sekam bakar memiliki pori-pori yang besar tetapi ringan yang merupakan hasil pembakaran sekam. Pori-pori ini memiliki kemampuan mengikat dan menyerap unsur hara di dalam tanah sehingga kandungan unsur hara dalam tanah tetap terjaga. Akibatnya tanaman yang ditanam pada media tanam memiliki nutrisi yang cukup untuk tumbuh.
3. Melindungi Tanaman dari Kerusakan
Sekam bakar merupakan media tanam yang steril dan porous sehingga memiliki sirkulasi udara dan daya serap yang tinggi. Akibatnya, kelembapan akar tanaman terjaga. Selain itu, sekam bakar mampu menjaga karakteristik sifat fisik dan kimia tanah sehingga tanaman terlindung dari kerusakan.


Apakah Pupuk Sekam Bakar Cocok untuk Semua Tanaman?

Sebenarnya, penggunaan pupuk sekam bakar bisa diterapkan untuk semua jenis tanaman. Namun, pada praktiknya banyak orang yang mencampurnya dengan pupuk buatan supaya kadar nutrisi tanah lebih banyak.

Akan tetapi, pastikan Anda tidak memberikan pupuk yang berlebihan pada tanaman karena bisa menyebabkan tanaman keracunan. Jika Anda memiliki kesulitan dalam memilih media tanam yang tepat, Anda bisa mengunjungi tanami.co.id. Untuk informasi lebih lanjut klik link WhatsApp berikut: (Maria Arumingtyas) atau email: info@indonesiacocopeat.com. Semoga bermanfaat, ya!

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)