Mengenal Cocomesh Dan Manfaatnya

Mengenal tentang cocomesh dan manfaatnya- Istilah cocomesh mungkin masih terdengar sangat asing di telinga masyarakat.  Namun ketika mendengar sabut kelapa, sepertinya masyarakat sudah familiar. Lalu apa itu cocomesh sebenarnya?  Simak penjelasan berikut ini. 

Belakangan istilah cocomesh seringkali terdengar. Mungkin banyak orang yang belum paham tentang apa itu cocomesh dan berapakah harga cocomesh. Pada dasarnya cocomesh sendiri adalah sabut kelapa. Sabut kelapa ini dijadikan sebagai media tanah untuk menanam tanaman. Alasannya adalah karena cocomesh sabut kelapa ini memiliki kemampuan dalam menyimpan air lebih lama. Akibatnya permukaan tanah yang ada dibawahnya akan jauh lebih lembab. 

Hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan karena artinya akan lebih mudah untuk ditanami tanaman. Apalagi cocomesh ini juga bisa difungsikan sebagai pengganti tanah. Sehingga ketika terdapat area yang ingin ditanami tanaman namun tidak ada media tanah, maka bisa menggunakan sabut kelapa ini. Cocomesh bisa dikatakan seperti jaring – jaring yang terbuat dari sabut kelapa yang tentunya sangat ramah lingkungan.

Serat yang berasal dari sabut kelapa ini yang pasti menggunakan bahan alami. Cocomesh memiliki sifat biodegradable. Artinya dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses tumbuhnya suatu tanaman baru pada sebuah bidang. Cocomesh ini bisa diletakkan di beberapa contoh area seperti tanah bekas tambang sebagai bentuk proses penghijauan kembali. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai media tanaman untuk menahan longsor serta melindungi bidang tanah yang lokasinya berada di lahan miring.

Penerapan Cocomesh Dalam Kehidupan 

Mungkin masih banyak diluaran sana yang mempertanyakan sebenarnya cocomesh terbuat dari apa. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa cocomesh ini terbuat dari bahan sabut kelapa. Kelapa sendiri merupakan tanaman yang tentunya bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. 

Hal ini karena cocomesh ini sudah menjadi salah satu langganan dari beberapa pihak seperti untuk area pembangkit listrik dan juga tambang yang ada di Jawa Barat serta Kalimantan. Dengan banyaknya permintaan tersebut, hal ini menunjukkan bahwa pada dasarnya cocomesh atau sabut kelapa ini memang memiliki banyak manfaat. 

Selama ini sabut kelapa hanya sebuah sampah yang kemungkinan besar hanya akan dibuang karena dirasa tidak bermanfaat.  Namun dengan proses dan penelitian,  akhirnya menunjukkan bahwa sabut kelapa ini hisa diubah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk bumi yaitu :

  • Penghijauan

Lahan gundul seperti bekas tambang dan hutan merupakan salah satu area yang harus dikembalikan seperti semula.  Penerapan cocomesh untuk membantu agar tanaman bisa mudah tumbuh sehingga memulai penghijauan area – area yang gundul lebih mudah. 

  • Penahan Tanah Longsor

Tidak sedikit area di Indonesia yang mengalami longsor.  Hal ini tentunya akibat penebangan pohon yang dilakukan secara liar.  Untuk itu,  dengan cocomesh ini akan membantu menumbuhkan kembali tanaman sehingga secara tidak langsung dapat menahan tanah dari longsor. 

  • Penyubur Tanah

Penghijauan yang dilakukan secara manual tentu tidak selalu berhasil. Karena tidak semua tanaman yang ditanam akan selalu tumbuh dengan baik.  Namun dengan bantuan cocomesh ini akan membuat tanah lebih subur sehingga peluang tanaman tumbuh akan lebih besar. 

  • Sebagai Alas Lapangan

Penerapan cocomesh yang terakhir yaitu pada lapangan sepakbola. Biasanya lapangan sepakbola akan ditanami dengan rumput.

Kualitas rumput lapangan sepakbola tentu tak boleh sembarangan. Dengan bantuan cocomesh ini akan membantu proses pertumbuhan rumput lebih maksimal karena kualitas media tanamnya menjadi lebih subur. 

Berdasarkan penjelasan diatas, tentunya sudah cukup menjawab mengapa penerapan cocomesh ini harus dibudayakan mengingat beragam fungsi dan manfaat yang ditawarkan. 

Jika anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan coconut huskcoco peat, dan produk turunan kelapa lainnya, silahkan klik link Whatsapp berikut untuk langsung terkoneksi dengan kami: (Fajar Stevano / Maria Arumingtyas) atau email: info@indonesiacocopeat.com

Ayo chat
Hai, terima kasih telah mengunjungi situs web kami, cukup tekan tombol Ayo Chat dan beri tahu saya apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda :)